Mengapa Mereka Gagal: Studi Fenomenologi terhadap Fenomena Gagal Bayar di Lembaga Kredit Mikro

Sibatuara, Erald David (2020) Mengapa Mereka Gagal: Studi Fenomenologi terhadap Fenomena Gagal Bayar di Lembaga Kredit Mikro. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111640000074_Erald David Sibatuara.pdf]
Preview
Text
09111640000074_Erald David Sibatuara.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Industri perbankan tidak bisa dilepaskan dengan produk keuangan berupa kredit. Kredit yang dikhususkan untuk masyarakat menengah ke bawah disebut sebagai kredit mikro. Kredit mikro digunakan untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam keluar dari kemiskinan, dengan menggunakan kredit tersebut untuk hal yang produktif. Bunga pinjaman rendah, tanpa jaminan dan diberikan secara berkelompok menjadi ciri-ciri dari jenis pinjaman ini. Perkembangan teknologi seperti smartphone membuat banyak perusahaan finansial teknologi yang menyediakan produk keuangan ini. Walaupun begitu, permasalahan utama dalam kredit seperti gagal bayar juga sering ditemukan dalam produk ini. Hal ini bertentangan dengan prinsip dasar dari kredit mikro yang memfokuskan kepada kesejahteraan peminjam. Beberapa penelitian yang dilakukan berfokus mengetahui alasan dibalik gagal bayar ini dan belum melakukan eksplorasi lebih lanjut mengenai variabel lain. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode fenomenologi transendental yang melihat gagal bayar sebagai suatu fenomena. Pengambilan data dilakukan menggunakan in-depth interview dengan peminjam Mekaar. Terdapat tiga tema yang dihasilkan oleh penelitian ini yang berkutat mengenai fenomena gagal bayar yakni “karakter”, “periode yang berbeda” dan “kesesuaian dengan peraturan lembaga kredit mikro”. Tema dari fenomena ini merefleksikan pengalaman dari informan yang telah diwawancarai. Fenomena lain yang didapat dari proses wawancara seperti antara lain “keterlambatan petugas untuk hadir dalam perkumpulan”, “grup yang jarang melakukan perkumpulan” serta penggunaan kredit yang tidak sesuai dengan peruntukan dianalisis dan didapatkan beberapa akar masalah. Dugaan akar masalah dari fenomena gagal bayar dicoba dijawab dengan menyajikan solusi seperti perubahan Key Performance Indicator dan skema skin-in-the game dalam grup yang lebih tepat dengan konteks sosial yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Erald David Sibatuara
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:57
Last Modified: 05 Jul 2023 00:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79355

Actions (login required)

View Item View Item