Simulasi Pengaturan Kedatangan Kendaraan Sebagai Dasar Kebijakan Time Slotting Pada Gudang Produk Jadi: Studi Kasus di Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan

Fahira, Wilda Nikmah (2020) Simulasi Pengaturan Kedatangan Kendaraan Sebagai Dasar Kebijakan Time Slotting Pada Gudang Produk Jadi: Studi Kasus di Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411640000115-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT. X sebagai salah satu produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berusaha meningkatkan performansi kegiatan operasional gudang produk jadi, dimana kegiatan pemuatan produk berlangsung untuk memenuhi kebutuhan distribusi. Kedatangan truk yang tidak dapat diprediksi ditengah kondisi lahan pabrik yang terbatas, menyebabkan performansi proses pelayanan di dalam pabrik belum baik yang ditandai dengan tumpukan antrean, tingginya waktu turnaround dan waktu tunggu kendaraan. Penerapan kebijakan dan teknologi time slotting, yang memberikan informasi mengenai ketersedian jumlah dan slot waktu yang dapat dipesan, diusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selanjutnya, penelitian dilakukan untuk mengetahui kombinasi pengaturan waktu dan jumlah slot kedatangan kendaraan yang diijinkan masuk ke dalam lapangan pabrik, serta kebutuhan tenaga muat yang optimal sehingga performansi sistem meningkat. Performansi sistem yang diukur yaitu penurunan waktu turnaround dan waktu tunggu kendaraan, peningkatan utilitas tenaga muat, serta pertimbangan service level yang dapat diberikan. Metode Discrete-Event Simulation (DES) dengan bantuan software ARENA digunakan untuk menduplikasi sifat kompleksitas sistem tersebut yang memiliki ketidakpastian dan keterkaitan di dalam operasinya. Hasil dari simulasi membuktikan bahwa skenario pengaturan kedatangan dengan jumlah 8 slot kendaraan per 80 menit satuan slot waktu dapat: menurunkan waktu turnaround menjadi 2,09 jam, yaitu menurun 26,4% dari kondisi existing; menurunkan waktu tunggu yang dihasilkan menjadi 1,07 jam, yaitu menurun 33,9% dari kondisi existing; serta service level yang dapat diberikan sebesar 91%. Selanjutnya evaluasi terhadap kebutuhan tenaga muat ditemukan bahwa mengurangi jumlah tenaga muat hingga 19 tenaga muat setiap shift-nya mampu meningkatkan utilitas sebesar 4%. ================================================================================================= PT. X as one of the bottled drinking water (AMDK) producers tries to improve the performance of finished product warehouse operations, where loading activities take place to meet distribution needs. The uncertainty of truck arrival times with limited yard capacity in the factory resulted in poor performance of the service which characterized by high turnaround times and waiting times. The application of time slotting technology and policies, which provides information about the number and time slots availability, is proposed to overcome this problem. Furthermore, the research carried out to determine the optimal number of trucks that can enter the factory per unit time slot, and the arrangement of manpower to load the products, so that system performances are getting better. The performance indicators measured are a decrease in turnaround time and waiting time, an increase in resource utilization, and consideration of the trade-off in service levels. Discrete-Event Simulation (DES) method, with the help of ARENA software, is used to duplicate the complexity of the systems, which has uncertainty and interconnection in its operation. The result of the simulation proves that the time slotting scenario with the number of trucks slot is 8 slots per 80 minutes time slot can reduce the turnaround time to 2,09 hours, which is 26% decrease from the existing. Waiting time result obtained 1,07 hours, which is 33,5% decreases from the existing. Also, the service level became 91%. Furthermore, the evaluation of the arrangement of manpower found that reducing up to 19 people able to increase utility by 4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discrete-Event Simulation, Kedatangan Truk, Logistik, Time Slotting Management, Discrete-Event Simulation, Logistics, Time Slotting Management, Truck Arrival
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wilda Nikmah Fahira
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:44
Last Modified: 20 Aug 2020 03:44
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79375

Actions (login required)

View Item View Item