Estimasi Konsentrasi CO dan NO2 Menggunakan Metode Fraksional Kalman Filter

Prakosa, Sandy Editya (2020) Estimasi Konsentrasi CO dan NO2 Menggunakan Metode Fraksional Kalman Filter. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111640000043_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
06111640000043_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencemaran udara merupakan salah satu dari masalah lingkungan yang harus segera ditangani, karena jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya penyakit dan mengganggu mobillitas sehari-hari. Salah satu jenis polutan seperti CO dan 〖NO〗_2 dapat membahayakan kesehatan jika kita hirup terus-menerus. Untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran pencemaran udara, maka kita perlu mengetahui kualitas udara yang dapat diketahui berdasarkan kandungan polutan didalamnya. Untuk pendeteksian konsentrasi polutan telah diukur oleh alat pemantau udara yang disebut dengan Air Polluting Monitoring Sistem yang telah dipasang di beberapa titik di Kota Surabaya. Selain menggunakan alat pemantau udara, kita bisa mengetahui konsentrasi polutan dengan melakukan estimasi dengan menggunakan salah satu modifikasi Kalman Filter, yaitu Fraksional Kalman Filter dengan model polusi difusi-adveksi. Selama proses pengestimasian ini, dibutuhkan data pengukuran (observasi) untuk mengoreksi hasil estimasi sehingga didapatkan hasil estimasi akhir yang mendekati hasil real. Dari hasil estimasi ini, didapatkan informasi mengenai konsentrasi polutan yang ada dititik yang diukur.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMa 515.544 Pra e-1 • Prakosa, Sandy Editya
Uncontrolled Keywords: Difusi, Adveksi, Estimasi, Konsentrasi Polutan, Fraksional Kalman Filter; Diffusion, Advection, Estimation, Concentration of Pollutants, Fractional Kalman Filter.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sandy Editya Prakosa
Date Deposited: 22 Aug 2020 03:03
Last Modified: 02 Oct 2023 07:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79378

Actions (login required)

View Item View Item