Pengembangan Arsitektur Informasi Website Pariwisata Super Prioritas (Studi Kasus : Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika)

Prihardika, Nugraha (2020) Pengembangan Arsitektur Informasi Website Pariwisata Super Prioritas (Studi Kasus : Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211340000066-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211340000066-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Mandalika telah menarik banyak wisatawan dari waktu ke waktu. Terdiri dari pantai yang indah dan bukit yang subur, menjadi tempat yang bagus untuk menikmati alam dan menemukan kedamaian. Bahkan pemerintah pun telah menyediakan berbagai fasilitas dan akomodasi untuk menunjang mereka yang berkunjung ke lokasi tersebut. Kedepannya, Mandalika akan memiliki sirkuit MotoGP seiring dengan rancangan pengelolaan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika – kawasan yang berbasis pariwisata
Permasalahan: Pencarian informasi melalui media internet pada era modern saat ini sangat mudah sekali untuk digunakan. Tetapi informasi yang di dapatkan belum tentu sesuai berdasarkan keinginan user. Bahkan, mungkin saja informasi yang di dapatkan tidak sesuai berdasarkan dengan fakta yang ada. Pencarian informasi yang tidak terstruktur mengakibatkan pengguna untuk membutuhkan waktu yang lama dalam menggali sebuah informasi. Website yang bertemakan wisata dibutuhkan sebuah Arsitektur Informasi yang baik sehinggal konten yang dimuat sesuai dengan fakta dan juga informasi yang di dapatkan dikemas dalam keadaan yang menarik.
Tujuan: Dengan menghasilkan rancangan Arsitektur Informasi website untuk promosi wisata Mandalika, dengan berisikan konten informasi yang terstruktur sehingga pengguna akan mendapatkan informasi yang sesuai dengan tujual awal dalam melakukan pencarian atau eksplorasi. Bukan hanya untuk sekedar promosi situs wisata, website wisata Mandalika diharapkan mampu membantu memasarkan produk lokal sehingga dapat memakmurkan warga sekitar.
Metode : Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka perancangan website menggunakan Enterprise Architecture Planning yang dimana hal tersebut memuat tentang manajeman informasi dan tujuan informasi.
Hasil : Hasil akhir dari pengerjaan tugas akhir ini ialah berupa pembuatan website dengan informasi yang berlandaskan dengan metode yang digunakan, sehingga akan menghasilkan website dengan informasi yang terstruktur. Hal tersebut tentunya akan membuat calon turis lokal maupun asing untuk lebih tertarik lagi dengan wisata yang ada di Mandalika.
Manfaat : Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi terkait studi penelitian selanjutnya atau penelitian serupa dan juga memberikan saran terhadap pemerintah setempat terkait pengembangan website yang berfokus pada pengelolaan daya tarik wisata.

Kata Kunci: Arsitektur Informasi, Mandalika, Enterprise Architecture Planning.
===================================================================================

Background : Mandalika has attracted many tourists from time to time. Consisting of beautiful beaches and lush hills, it is a great place to enjoy nature and find peace. Even the government has provided various facilities and accommodation to support those visiting the location. In the future, Mandalika will have a MotoGP circuit along with the management and development of Special Economic Zone Mandalika – a region based on tourism.
Problem : Searching information through internet media in today's modern era is very easy to use. But the obtained information is not necessarily appropriate based on the user's wishes. In fact, it may be that the information is not appropriate based on the facts. Unstructured information retrieval results in users needing a long time digging into an information. Travel-themed websites need an information architecture that is good as well as content that is loaded in accordance with the facts and information that gets packed in interesting circumstances.
Objectives : By generating the design of information architecture website for the promotion of Mandalika tourism, with the content of information that is structured so that users will get information in accordance with the initial objectives in conducting searches or exploration. Not only for the promotion of tourist sites, Mandalika tourism website is expected to help market local products so it can prosper the people around.
Method : To fulfill these needs, the design of the website uses the Enterprise Architecture Planning, which contains information management and information purposes.
Output : The final result of this final project is making a website with information based on the method used, it will be produce a website with structured information. This will certainly make prospective local and foreign tourists even more interested in tourism in Mandalika.
Benefits : The benefits of this research are expected to be used as a reference related to future research studies or similar studies and also provide advice to the relevant local government website development focuses on the management of tourist attraction.

Keywords : Information Architecture, Mandalika, Enterprise Architecture Planning.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Informasi, Mandalika, Enterprise Architecture Planning. Information Architecture, Mandalika, Enterprise Architecture Planning.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nugraha Prihardika
Date Deposited: 23 Aug 2020 15:12
Last Modified: 06 Nov 2023 06:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79414

Actions (login required)

View Item View Item