Studi Demand Pengembangan Moda Transportasi Angkutan Umum Berbasis Rel Untuk Rute Stasiun Gubeng – Terminal 1 Bandara Juanda Melalui Jalan DR. IR. H. Soekarno Surabaya

Widyanto, Fianda Eka (2020) Studi Demand Pengembangan Moda Transportasi Angkutan Umum Berbasis Rel Untuk Rute Stasiun Gubeng – Terminal 1 Bandara Juanda Melalui Jalan DR. IR. H. Soekarno Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000148-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111640000148-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Kota Jakarta. Salah satu permasalahan transportasi yang terjadi di Surabaya adalah keterbatasan akses penghubung antara Stasiun Gubeng dengan Bandara Juanda yang hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang telah ada seperti taksi dan bis damri. Apabila direncana untuk membuat angkutan umum berbasis rel yang menghubungkan antara Stasiun Gubeng-Bandara Juanda maka perlu ada analisis yang bertujuan untuk mengetahui besarnya demand yang memanfaatkan angkutan umum tersebut. Beberapa tahapan untuk mencapai tujuan tersebut. Tahap pertama adalah dengan melakukan kuesioner kepada para pengguna jasa angkutan umum dan kendaraan pribadi di lokasi tinjauan. Tahap kedua adalah menganalisis data yang telah terkumpul dengan menggunakan metode stated preference. Tahap ketiga adalah kompilasi data yang dilakukan terhadap angkutan umum berbasis rel dengan kendaraan pribadi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan regresi. Kompilasi data untuk pendekatan regresi ini dilakukan dengan menggunakan paket program regresi. Tahap keempat adalah memahami perubahan nilai probabilitas pemilihan angkutan umum berbasis rel seandainya dilakukan perubahan nilai atribut pelayanannya. Tahap terakhir adalah menganalisis jumlah masyarakat yang berpindah dari pengguna kendaraan pribadi menggunakan angkutan umum berbasis rel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik penumpang, jumlah perpindahan penumpang menggunakan angkutan umum berbasis rel dari pengguna mobil pribadi terhadap perjalanan harian sebesar 1.361 dan perjalanan bandara sebesar 70, kemudian jumlah perpindahan dari pengguna angkutan umum lain menggunakan angkutan umum berbasis rel terhadap perjalanan harian sebesar 560 dan perjalanan bandara sebesar 13 dan dalam sepuluh tahun kedepan penumpang angkutan umum berbasis rel diramalkan sebesar 7.175 terhadap perjalan harian dan 174 terhadap perjalanan bandara. Kata Kunci: Angkutan umum berbasis rel, Stated Preference, Potensi demand, Stasiun Gubeng, Bandara Juanda.
==================================================================================================================
Surabaya City is the second-largest city in Indonesia after Jakarta City. One of the transportation problems is the limitation of access in connecting the Gubeng Railway Station to the Juanda Airport which can only be accessed by personal vehicles or existed public transportation, for example, taxi and Damri bus. On the occasion of planning to build rail-based transportation in connecting the Gubeng Railway Station to the Juanda Airport, a deep analysis is needed to know the demand of the people that will use public transportation. There were some steps to achieve the purpose. The first step was making a questionnaire to public transportation and personal vehicle user at the observed location. The second was analyzing the collected data using the method of stated preference. The third was compiling the data about the rail-based public transportation with the personal vehicle and analyzing based on the regression approach. The compiled data of this regression approach was conducted by the regression program package. The next step was understanding the probability value based on the voting of rail-based public transportation in case of service attributes change gradually by using the sensitiveness model. The last step was to analyze the number of people that change their preference from personal vehicles to rail-based public transportation users. The output of this research is to knowing the characteristics of passengers, total number of passengers moving to using railway-based mass transport from using personal vehicle in daily trips are 1,361 and in airport trips are 70, then the total number of passengers moving to using railway-based mass transport from using other mass transport in daily trips are 560 and in airport trips are 13 and in the next 10 years, the projected number of railway-based mass transport users would be around 7,175 in daily trips and 174 in airport trips.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Angkutan umum berbasis rel, Stated Preference, Potensi demand, Stasiun Gubeng, Bandara Juanda.Rail-Based Public Transportation, Stated Preference, Demand Potency, Gubeng Railway Station, Juanda Airport.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fianda Eka Widyanto
Date Deposited: 21 Aug 2020 07:02
Last Modified: 05 Nov 2023 15:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79423

Actions (login required)

View Item View Item