Arsitektur Regeneratif: Pusat Penelitian Lingkungan di Kawasan Industri Gresik

Firmansyah, Abdul Haris (2020) Arsitektur Regeneratif: Pusat Penelitian Lingkungan di Kawasan Industri Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111640000003-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111640000003-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Industrialisasi menjadi sesuatu yang tak dapat terhindarkan, dan salah satu kawasan yang paling berkembang secara industri yaitu Kabupaten Gresik. Saat ini Gresik telah menjadi kawasan industri dari skala rumah tangga hingga skala multinasional. Sebagai suatu proses yang terjadi, kehadiran industri memunculkan dampak yang sangat beragam bagi kehidupan manusia, baik dampak sosial maupun non-sosial seperti pencemaran lingkungan, baik pencemaran udara, air, hingga tanah. Kian maraknya pencemaran yang terjadi menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk, sehingga muncul permasalahan rancang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat di tengah kondisi yang tercemar.
Untuk menjawab akan kebutuhan tersebut, maka dirancanglah sebuah Pusat Penelitian dan Studi Lingkungan di Gresik, dengan konteks lahan yang merupakan area dengan banyak industri yang dinilai berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan. Rancangan ini terdiri dari pusat penelitian dan sarana edukasi lingkungan. Objek perancangan kemudian dipadukan dengan pendekatan regenerative design. Sebuah pendekatan yang berfokus pada pengembangan lingkungan yang secara aktif dapat memulihkan kesehatan penggunanya untuk beraktivitas secara keseluruhan, dan pada saat yang sama, pendekatan regeneratif juga bergerak pada proses perbaikan lingkungan yang telah rusak.
Dengan demikian, sangat diharapkan Pusat Penelitian dan Studi Lingkungan di Gresik bisa menjadi sebuah objek rancangan yang berfungsi sebagai wadah penelitian, pengumpulan informasi, dan edukasi mengenai pencemaran lingkungan dan bagaimana menyikapinya. Serta menjadi wadah arsitektural yang bersinergi dengan alam dan penggunanya, dalam upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat di tengah kondisi yang tercemar dan diharapkan mampu mengkatalisasi proses perubahan lingkungan di masa yang akan datang sehingga tercipta lingkungan dengan kualitas yang lebih baik.
===================================================================================================
Industrialization is inevitable, and one of the most industrially developed regions is Gresik Regency. Currently Gresik has become an industrial area from a household scale to a multinational scale. As a process, the presence of industry raises a very diverse impact on human life, both social and non-social impacts such as environmental pollution, both air, water, and ground pollution. Increasing pollution is causing health conditions to worsen, resulting in design problems how to create a healthy environment in the midst of polluted conditions.
To answer this need, a Research and Environmental Study Center in Gresik was designed, with the context of land which is an area with many industries that are considered to have the potential to cause environmental pollution. This design consists of a research center and environmental education facilities. The design object is then combined with the regenerative design approach. An approach that focuses on developing an environment that can actively restore the health of its users to the overall activity, and at the same time, a regenerative approach also moves to the process of repairing a damaged environment.
Thus, it is hoped that the Center for Environmental Research and Studies in Gresik can become an object of design that serves as a forum for research, information gathering, and education about environmental pollution and how to react to it. As well as being an architectural form that synergizes with nature and its users, in an effort to create a healthy work environment in the midst of polluted conditions and is expected to catalyze the process of environmental change in the future so as to create an environment with better quality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: industrialisasi, pencemaran, pusat penelitian, desain regeneratif, industrialization, pollution, research center, regenerative design
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
T Technology > TH Building construction > TH880 Sustainable buildings. Sustainable construction. Green building
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abdul Haris Firmansyah
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:18
Last Modified: 12 May 2023 03:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79424

Actions (login required)

View Item View Item