PEMODELAN SIMULASI DISKRIT UNTUK MENENTUKAN KEBIJAKAN JUMLAH DAN STRATEGI PENUGASAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE PADA GUDANG SPAREPARTS PT. X

Bahria, Amelia Isnie (2020) PEMODELAN SIMULASI DISKRIT UNTUK MENENTUKAN KEBIJAKAN JUMLAH DAN STRATEGI PENUGASAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE PADA GUDANG SPAREPARTS PT. X. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411640000052-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya jumlah produksi dan penambahan variasi model motor mengharuskan PT.X memiliki gudang spareparts yang efektif dan efisien guna menjamin ketersediaan komponen penyusun motor yang diproduksi. Dengan keterbatasan space yang dimiliki dan kapasitas produksi yang terus meningkat tiap tahun, PT. X memutuskan untuk melakukan otomasi dengan mengimplementasikan AGV (Automated Guided Vehicle) pada aktivitas put away dan order picking. Adanya robot memotong waktu put away dan picking sehingga mengurangi penumpukan barang di area receiving dan juga mempercepat laju perputaran barang di gudang. Penentuan jumlah optimal AGV penting dilakukan agar tidak terjadi pemborosan resource mengingat investasi untuk AGV mahal dan menghindari kondisi deadlock/traffic jam yang akan terjadi apabila terlalu banyak AGV yang dioperasikan dalam gudang. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan metode simulasi discrete-event dengan software Arena untuk menentukan jumlah optimal AGV yang dibutuhkan dan strategi penugasannya. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa menerapkan 10 AGV menghasilkan nilai utilitas 92% dimana nilai tersebut sesuai target perusahaan dan telah dipertimbangkan apabila terjadi kenaikan demand sebesar 20%, 25%, dan 50%. Sedangkan untuk strategi penugasan AGV yang efisien yaitu undedicated strategy karena menghasilkan waiting time lebih kecil dan nilai utilitas yang merata pada masing-masing AGV-nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Automated Guided Vehicle, put away, order picking, deadlock/traffic jam
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Amelia Isnie Bahria
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:37
Last Modified: 24 Aug 2020 02:37
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79429

Actions (login required)

View Item View Item