PENGARUH TACTICAL URBANISM TERHADAP AKSESIBILITAS PADA KAWASAN MASS RAPID TRANSIT (MRT) CIPETE JAKARTA

Arifin, Jihan Nabila (2020) PENGARUH TACTICAL URBANISM TERHADAP AKSESIBILITAS PADA KAWASAN MASS RAPID TRANSIT (MRT) CIPETE JAKARTA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08211640000045_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Aksesibilitas merupakan ukuran kemudahan lokasi untuk dijangkau dari lokasi lainnya melalui sistem transportasi. Keinginan pengguna jalan khususnya pejalan kaki bergantung pula dengan tingkat aksesibilitasnya dan ketersediaan elemen pejalan kaki. ITDP dan PT. MRT bekerja sama untuk peningkatan aksesibilitas pada Kawasan MRT Cipete dengan metode tactical urbanism. Tactical urbanism merupakan salah satu gerakan intervensi berskala kecil, menggunakan biaya yang rendah, dalam implementasi dengan waktu yang singkat yang menghasilkan dampak jangka panjang dengan keterlibatan warga sebagai karakteristik utama. Saat ini konsep tactical urbanism masih menjadi hal yang baru dan belum sepenuhnya diterapkan di Indonesia khususnya di Jakarta, Maka dari itu penelitian ini menganalisis pengaruh tactical urbanism terhadap aksesibilitas, sehingga hasil dari penelitian ini dapat dijadikan dasaran untuk mememaksimalkan peningkatan aksesibilitas pada kawasan transit seperti MRT. Penelitian ini menggunakan content analysis untuk mengidentifikasikan karakteristik tactical urbanism pada kawasan MRT Cipete, Kemudian Deskriptif Kualitatif dengan skala likert untuk melihat tingkat aksesibilitas berdasarkan persepsi responden, dan Analisa Korelasi Spearman untuk melihat hubungan antara pengaruh tactical urbanism dan aksesibilitas, penelitian ini mengambil sampel pejalan kaki di area Kawasan MRT Cipete sebagai objek penelitian. Dengan menggunakan purposive sampling dari 100 responden yang dibagi menjadi 50 responden pada area MRT Cipete Raya dan 50 responden pada area MRT Haji Nawi. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya karakteristik tactical urbanism pada Kawasan MRT Cipete, sedangkan tingkat aksesibilitas berdasarkan persepsi responden setelah adanya tactical urbanism tergolong pada kategori “Baik” dengan skor 72,4% di area MRT Cipete Raya dan 77,29% di area MRT Haji Nawi. Berdasarkan hasil analisa korelasi spearman ditemukan adanya hubungan antara pengaruh tactical urbanism dengan aksesibilitas dengan hasil korelasi yang positif dengan variabel karakteristik tactical urbanism yang paling berpengaruh yaitu elemen, dampak, dan partisipasi masyarakat yang berarti jika tactical urbanism ditingkatkan akan meningkatkan pula tingkat aksesibilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tactical urbanism, aksesibilitas, MRT Cipete, MRT Haji Nawi, ITDP, MRT, Redesain Jalan, pengaruh perilaku pengguna jalan, walkability, konektivitas
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Jihan Nabila Arifin
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:31
Last Modified: 25 Aug 2020 04:31
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79547

Actions (login required)

View Item View Item