PERBAIKAN PROSES FABRIKASI BOGIE PROYEK LRT JABODEBEK PT INKA MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING

Irfanda, Mohammad Zehan (2020) PERBAIKAN PROSES FABRIKASI BOGIE PROYEK LRT JABODEBEK PT INKA MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000187-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411640000187-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT INKA (Persero) merupakan BUMN manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara. Salah satu produk PT INKA adalah Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Salah satu bagian proses produksi LRT adalah proses fabrikasi bogie Proses fabrikasi bogie LRT Jabodebek memiliki beberapa masalah yang menghambat proses produksi. Masalah tersebut diantaranya adalah kesalahan perhitungan kebutuhan material, keterlambatan merilis manufacturing drawing (MD), ketidaksesuaian hasil proses dengan drawing, kesalahan spesifikasi material, kapasitas mesin overload, kerusakan material, hingga keterlambatan material. Masalah-masalah tersebut merupakan aktivitas yang tidak memberi nilai tambah dan berdampak pada panjangnya waktu produksi. Untuk mengatasi masalah, tugas akhir ini menggunakan lean manufacturing yang bertujuan untuk mengurangi pemborosan (aktivitas yang tidak memberi nilai tambah) pada proses produksi. Penelitian ini dimulai dengan pembuatan time based process mapping untuk membantu identifikasi pemborosan yang akan menggunakan root cause analysis yaitu cause-and-effect diagram dan five whys. Selanjutnya dilakukan lean assessment matrix 1 yang menghasilkan pemborosan kritis yaitu waiting, overprocessing, dan overproduction. Pemborosan kritis akan dicari rekomendasi perbaikannya menggunakan lean assessment matrix 2 dan dihasilkan rekomendasi perbaikan terpilih yaitu menghitung kapasitas produksi & rekomendasi penjadwalan (WEA1). WEA1 dapat menyelsaikan akar penyebab pemborosan overproduction dan waiting yaitu kapasitas produksi belum diperbarui menyesuaikan kondisi terkini (S2), kapasitas produksi belum mempertimbangkan kapasitas kapasitas dari masing-masing workstation atau fasilitas lainnya (S3) dan metode penjadwalan yang digunakan kurang sesuai (S13).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD56.25 Industrial efficiency--Measurement. Industrial productivity--Measurement.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohammad Zehan Irfanda
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:30
Last Modified: 24 Aug 2020 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79628

Actions (login required)

View Item View Item