Analisa Pengaruh Penambahan Propeller Boss Cap Fins pada Performa Skewed Propeller dengan Metode CFD

Pradana, Anson Novendra (2020) Analisa Pengaruh Penambahan Propeller Boss Cap Fins pada Performa Skewed Propeller dengan Metode CFD. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000015-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000015-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Biaya bahan bakar termasuk dalam biaya terbesar dalam pengoperasian kapal. Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi bahan bakar adalah dengan menambah efisiensi dari propeller. Semakin tinggi nilai efisiensi propeller maka energi yang terbuang dari main engine lebih sedikit sehingga gaya dorong menjadi lebih besar dan konsumsi bahan bakar berkurang. Salah satu cara untuk menambah efisiensi propeller adalah dengan menambahkan Propeller Boss Cap Fins (PBCF). PBCF juga mampu mengurangi noise yang dihasilkan oleh propeller. Hal ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kapal – kapal perang terutama kapal selam jenis submarine. Diharapkan dengan bertambahnya efisiensi propeller, kapal selam mampu bertahan lebih lama di bawah permukaan air tanpa harus sering naik ke permukaan untuk melakukan recharge daya baterai. Beberapa literasi juga menyebutkan PBCF dapat meningkatkan efisiensi propeller hingga 7% dan mengurangi noise sebesar 6 dB Pada penelitian kali ini dilakukan penilitian tentang pengaruh sudut phase lag PBCF terhadap performa dan aliran yang dihasilkan oleh skewed propeller. Pada penelitian ini digunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan memvariasikan 4 variasi sudut phase lag yaitu 0o, 12.86o, 25.72o dan 38.58o. Hasil pada penelitian ini menyebutkan bahwa seluruh variasi sudut phase lag mampu meningkatkan efisiensi dan mengurangi torsi propeller. Namun, untuk nilai thrust cenderung turun. Selain itu, seluruh variasi sudut phase lag juga efektif untuk mengurangi hub vortex.
=========================================================
The majority of the ship's operational expenses are spent for fuel. Reducing fuel consumption can be achieved by increasing propeller efficiency. The greater the efficiency, the fewer energy loss. High propeller efficiency may let ships produce more thrust while reducing fuel consumption. Installation of Propeller Boss Cap Fin (PBCF) is one of the methods for enhancing propeller efficiency which suitable for a submarine. PBCF may reduce the submarine's energy consumption, so the submarine will not have to recharge its battery often. Some researches found PBCF can increasing propeller efficiency by 7% while reducing voice almost by 6 dB. This thesis will be focused on the impact of the PBCF phase lag variation for skewed propeller performance and flow. The research will be done using CFD simulation with phase lags 0, 12.86, 25.72, and 38.58. Based on the simulation, it is proven if PBCF can increasing propeller efficiency and reducing propeller torque. Even though all phase lag variations show decreasing of propeller thrust. They also show the presence of distraction on their hub vortex

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Propeller Boss Cap Fins, CFD, Performa, Propeller Boss Cap Fins, CFD, Performance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anson Novendra Pradana
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:34
Last Modified: 24 Aug 2023 08:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79721

Actions (login required)

View Item View Item