Analisis Keandalan Sistem Pabrik Phonska IV PT Petrokimia Gresik dengan Pendekatan Distribusi Phase-Type

Rafa, Naurah (2020) Analisis Keandalan Sistem Pabrik Phonska IV PT Petrokimia Gresik dengan Pendekatan Distribusi Phase-Type. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000218-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000218-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis keandalan sistem di Pabrik Phonska IV PT Petrokimia Gresik dalam bentuk fungsi keandalan. Sistem produksi Pabrik Phonska IV terdiri dari 8 subsistem yang terhubung secara seri. Masing-masing subsistem terdiri dari mesin dan peralatan produksi dengan struktur seri, paralel, dan k-out-of-n. Struktur sistem digambarkan melalui reliability block diagram. Perhitungan keandalan sistem dilakukan dengan menggunakan pendekatan distribusi phase-type. Fitting data time to failure ke distribusi phase-type dilakukan dengan trace-based fitting untuk mendapatkan parameter distribusi phase-type yang merepresentasikan distribusi teoritis aslinya. Closure properties dari distribusi phase-type digunakan untuk mendapatkan fungsi keandalan sistem dari fungsi keandalan peralatan yang berdistribusi phase-type. Hasil dari penelitian yang dilakukan berupa fungsi keandalan sistem yang berdistribusi phase-type. Analisis sensitivitas dilakukan pada peralatan kritis di subsistem kritis yang telah ditentukan melalui Birnbaum’s importance index dengan menambahkan peralatan redundant dan penggantian peralatan. Hasil analisis sensitivitas digunakan untuk memberikan rekomendasi perbaikan sistem untuk meningkatkan keandalan sistem. Skenario perbaikan yang memberikan peningkatan keandalan sistem tertinggi yaitu skenario penerapan struktur standby perfect switch dan penggantian peralatan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keandalan Sistem, Fungsi Keandalan, Reliability Block Diagram, Distribusi Phase-Type, Analisis Sensitivitas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169 Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naurah Rafa
Date Deposited: 20 Aug 2020 01:30
Last Modified: 16 Jun 2023 05:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79776

Actions (login required)

View Item View Item