PENGARUH FREE SPAN TERHADAP ON-BOTTOM STABILITY PIPA BAWAH LAUT. STUDI KASUS : PIPELINE BE-BA PERTAMINA HULU MAHAKAM, LAPANGAN BEKAPAI

Driyastomo, Adam Rangga (2020) PENGARUH FREE SPAN TERHADAP ON-BOTTOM STABILITY PIPA BAWAH LAUT. STUDI KASUS : PIPELINE BE-BA PERTAMINA HULU MAHAKAM, LAPANGAN BEKAPAI. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000086_Adam Rangga Driyastomo_Upload.pdf]
Preview
Text
04311640000086_Adam Rangga Driyastomo_Upload.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sistem perpipaan bawah laut memiliki salah satu masalah yang sangat dihindarkan, ialah free span. Free span dapat menjadi sangat rentan, bahkan salah satu penyebab kerusakan struktur pada sistem perpipaan itu sendiri. Kegagalan tersebut bisa disebabkan oleh vortex induced vibration (VIV). VIV sendiri disebabkan oleh beban lingkungan yang utamanya ialah gelombang dan arus. Dalam tugas akhir ini, analisis pipeline yang mengalami free span dimulai dari stabilitas lateral dan stabilitas vertical pada pipeline itu sendiri yang mana mengacu kepada DNV RP F 109, screening criteria VIV dan screening criteria ultimate limit state, sampai dengan analisis tegangan kombinasi pada pipeline tersebut yang mengalami free span. Dalam tugas akhir ini, selain menganalisis stabilitas free span, diharapkan juga mendapatkan hasil yang sesuai tentang analisis dinamis dan ultimate limit state. Berdasarkan perhitungan-perhitungan tersebut tugas akhir ini diharapkan akan mendapatkan hasil akhir dari tegangan-tegangan, seperti tegangan hoop, tegangan longitudinal, sampai tegangan kombinasi. Hasil dari tegangan-tegangan tersebut harus sesuai dengan standart ASME B 31.8. Adapun acuan selain DNV RP F 109 dan ASME B31.8, yaitu DNV OS F 101 dan juga DNV RP F 105 dalam melakukan analisis tugas akhir ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adam Rangga Driyastomo
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:05
Last Modified: 23 Jun 2023 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79780

Actions (login required)

View Item View Item