Redesain Interior Perpustakaan Umum Kota Depok dengan Konsep Rekreatif dan Interaktif

Abdurrahman, Umar Faruq (2020) Redesain Interior Perpustakaan Umum Kota Depok dengan Konsep Rekreatif dan Interaktif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411640000027-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08411640000027-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan perpustakaan di Indonesia saat ini masih menghadapi banyak hambatan. Masalah paling umum adalah kurangnya jumlah pemustaka yang datang ke perpustakaan. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat kunjung ke perpustakaan diantaranya adalah sarana dan prasarana ruang yang kurang memadai, faktor lain yaitu pelayanan perpustakaan yang masih konvensional serta proses administrasi yang cukup panjang dan sikap angkuh petugas saat memberikan pelayanan.
Proses perancangan ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari hasil studi pustaka, serta data yang diperoleh langsung dari lapangan.
Berdasarkan proses perancangan yang telah dilakukan, bisa disimpulkan bahwa perencanaan ruang yang nyaman dan menarik sangat penting untuk memberi kesan bagi pengunjung, tidak hanya kenyamanan ruang namun juga kemudahan fasilitas dan pelayanan yang baik dan menyenangkan juga menjadi faktor penting untuk menenentukan apakah seseorang akan berkunjung ke suatu tempat untuk kedua kalinya. Dengan menerapkan konsep interior yang rekreatif dan interaktif pada Perpustakaan Umum Kota Depok akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk Kota Depok untuk berkunjung khususnya di era digital seperti saat ini.

=========================================================

Evolution of libraries in Indonesia these days still facing a lot of retardment. The most common problem is the lack of people that interested to visit library. Factors that cause the low of interest to visit library are including the inaqeduate of facilities and infrastructure, the other factors are library services that still conventional and the administration process is quite long also the attitude of officers while providing services.
The design process uses observation and interview method. The data sources used are primary and secondary data from literature studies, as well as data obtained directly from the field.
Based on the design process that has been carried out, it can be concluded that planning a comfortable and attractive spaces are very important to impress the visitors, not only the comfortness but also the ease of facilities and a pleasant services are also an important factors in determining whether someone would visit a place for the second time. By applying the concept of recreative and interactive interior in Depok Public Library will be a special attraction for Depok residents to visit, especially in the digital-era as it as today.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Rekreatif, Interaktif, Teknologi Library, Recreative, Interactive, Technology
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Umar Faruq A
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:35
Last Modified: 12 Oct 2023 10:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79893

Actions (login required)

View Item View Item