ANALISA RESPON GETARAN BOILER FEED PUMP pada KONDISI BEBAN MAKSIMUM dan BEBAN SEBAGIAN FEEDWATER SYSTEM pada PLTU PAITON BARU

WIJAYANTO, YOGO and GUNTUR, HARUS LAKSANA (2016) ANALISA RESPON GETARAN BOILER FEED PUMP pada KONDISI BEBAN MAKSIMUM dan BEBAN SEBAGIAN FEEDWATER SYSTEM pada PLTU PAITON BARU. Prosiding Seminar Nasional Getaran Akustik 2014.

[img]
Preview
Text
197505111999031001_respon_guntur.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon getaran pompa pada kondisi beban maksimum dan beban parsial. Penelitian ini melakukan eksperimen pengukuran getaran pada sisi outboard dan inboard Boiler feed pump dan Booster Pump, masing-masing untuk sisi vertikal dan horizontal. Pengamatan dilakukan terhadap RMS velocity, serta frekuensi dominan yang muncul pada sisi inboard dan outboard baik horizontal maupun vertikal. Penelitian ini juga membuat model dinamis pompa dalam 8 derajat kebebasan yang disimulasikan dengan bantuan Software. Peralatan yang dimodelkan meliputi Boiler Feed Pump, variable speed coupling, dan booster pump. Gaya eksitasi yang bekerja ditentukan dari gaya dinamis radial akibat tekanan pada pompa. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa pengoperasian booster pump pada beban parsial nilai RMS velocity lebih tinggi daripada saat beban maksimum, nilai RMS mencapai maksimum pada 9.84 mm/s pada sisi outboard vertical (beban parsial), pada beban maksimum RMS mencapai maksimum pada 4,76 mm/s pada sisi outboard vertical. Dengan frekuensi yang dominan muncul adalah blade passing frequency pada 4x, 8x, 12x putaran poros, dan makin dominan dengan penurunan beban. Pada boiler feed pump pengoperasian pada beban parsial nilai RMS velocity rata-rata lebih kecil daripada saat beban maksimum meskipun pada sisi inboard vertical dan outboard horizontal pada beban parsial nilai RMS velocitynya lebih tinggi daripada saat beban maksimum. Pada saat beban parsial nilai RMS mencapai maksimum pada 1,54 mm/s pada sisi inboard vertical, pada saat beban maksimum nilai RMS mencapai maksimum pada 1,48mm/s pada sisi outboard aksial. Makin tinggi beban maka frekuensi yang dominan muncul pada 1x putaran poros. Secara umum berdasarkan ISO 10816-1 nilai vibrasi pada nilai maksimum masih dapat ditoleransi dengan kategori C.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Boiler feed pump, off design, pemodelan dinamis, respon getaran.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 13:21
Last Modified: 27 Dec 2018 08:36
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item