Analisa faktor Kecelakaan Kerja Pada Galangan Kapal

Ashari, Ihsan (2020) Analisa faktor Kecelakaan Kerja Pada Galangan Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000085-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000085-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kerja 88% disebabkan oleh perbuatan manusia sedangkan 12 % disebabkan oleh hal – hal yang tidak berkaitan dengan kesalahan manusia, yaitu 2% disebabkan oleh hal yang tidak bisa dihindari (takdir Tuhan) dan 10% disebabkan oleh lingkungan yang tidak aman. Data tersebut menunjukkan bahwa faktor manusia mempunyai dampak besar dalam terjadinya kecelakaan dan membutuhkan pencegahan yang benar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan karakteristik individu dengan faktor kecelakaan kerja dan untuk mengetahui upaya pencegahan kecelakaan kerja. Metode yang digunakan yaitu bivariat dengan analisa menggunakan pendekatan chis square. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa usia mempunyai hubungan dengan pengetahuan listrik statis artinya bahwa pekerja yang mempunyai umur lebih tua mengetahui pengetahuan listrik statis lebih banyak daripada pekerja yang lebih muda. Tekanan kerja juga mempunyai hubungan dengan usia yang artinya bahwa pekerja usia <35 & usia >45 mempunyai tekanan kerja yang lebih banyak daripada usia 35 – 45. Kemudian lama bekerja di galangan dan pendidikan tidak mempunyai hubungan dengan faktor kecelakaan kerja. Oleh karena itu dibutuhkan upaya untuk meminimalisir kecelakaan kerja antara lain; Memberikan pelatihan di kelas kepada pekerja yang baru, melakukan on job training atau training dilapangan, melakuan pendampingan atau setiap pekerjaan selalu ada yang senior dan junior, Pertukaran pekerja dari suatu tempat ke tempat lainnya, adanya sharing session mengenai listrik statis kepada pekerja muda, mencipatkan suasana kerja yang nyaman, memberikan fasilitas yang memadai, memberi pelatihan mengenai manajemen stress, memberi pelatihan pengambilan keputusan, dan memberikan konseling kepada pekerja.
==================================================================================================================
88% of work accidents were caused by human errors, while the rest were caused by things which were not related to it. To be precise; 2% were caused by inevitable 'things' (fate) and 10% were caused by unsafe environment. These data show that human factor has a major impact on accidents and therefore, a proper prevention is required. The purpose of this research is to determine the relationship between individual characteristics and work accident factors - as well as to determine the prevention of work accidents. The method used was bivariate, and the analysis was done using the chi-square approach. The result of this research showed that age has a relationship with knowledge of static electricity; meaning that older workers would most likely understand static electricity better compared to the younger ones. Work pressure also has a relationship with age; meaning that the workers with an age of <35 & >45 have more work pressure than those with an age of 35 - 45. Furthermore, tenure and education do not have a relationship with work accident factors. Thus, some efforts are needed to minimize work accidents, such as; Providing in-class training to new workers, doing on-job training or field training, providing assistance on every job, exchange of workers from one place to another, sharing sessions on static electricity to young workers, creating a comfortable work atmosphere, provide adequate facilities, provide training on stress management and decision making, as well as provide counseling to workers.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Age, tenure, Education, a working accident, Usia, Lama bekerja di galangan ini, pendidikan, Kecelakaan kerja
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ihsan Ashari
Date Deposited: 23 Aug 2020 07:28
Last Modified: 06 Nov 2023 12:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80147

Actions (login required)

View Item View Item