Analisis Ketahanan Hidup Tanaman Tembakau Menggunakan Stratified Cox dan Extended Cox (Studi Kasus: Petani Tembakau di Kabupaten Pamekasan)

Sofyani, Vina Maulina (2010) Analisis Ketahanan Hidup Tanaman Tembakau Menggunakan Stratified Cox dan Extended Cox (Studi Kasus: Petani Tembakau di Kabupaten Pamekasan). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111640000023-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
06111640000023-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analisis survival merupakan salah satu prosedur dalam statistika untuk menganalisis data dimana variabel yang diperhatikan adalah waktu sampai terjadinya suatu peristiwa (event) dan variabel-variabel lain yang diduga mempengaruhi waktu survival. Beberapa metode analisis tersedia untuk mendapatkan informasi dari data survival. Ada tiga macam pendekatan untuk analisis data survival yaitu pendekatan non parametric, parametric, dan semi parametric. Salah satu metode semi parametric yang seringkali digunakan untuk menganalisis data survival yaitu regresi Cox. Penggunaan regresi Cox harus memenuhi asumsi proportional hazard, jika asumsi ini tidak terpenuhi dalam memodelkan regresi Cox, berarti komponen linear yang membentuk model dalam berbagai waktu tidak sesuai akibatnya pemodelan regresi Cox tidak tepat dan disebut sebagai non proportional hazard. Oleh karena itu, perlu mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan membentuk model regresi stratified Cox dan extended Cox. Dalam penelitian ini, sebagai aplikasinya diterapkan untuk kasus ketahanan hidup tanaman tembakau di Kabupaten Pamekasan. Berdasar hasil analisis yang telah dilakukan, model regresi stratified Cox lebih baik dibandingkan model extended Cox. Variabel yang signifikan mempengaruhi ketahanan hidup tanaman tembakau pada model stratified Cox adalah variabel pupuk kandang, dan untuk model extended Cox adalah variabel pupuk kandang dan jenis lahan sawah tadah hujan dengan fungsi heaviside.

Kata kunci: tanaman tembakau, non proportional hazard, stratified Cox, extended Cox.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMa 519.546 Sof a-1 • Sofyani, Vina Maulina
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tanaman tembakau, non proportional hazard, stratified Cox, extended Cox.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sofyani Vina Maulina
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:33
Last Modified: 22 Nov 2023 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80166

Actions (login required)

View Item View Item