Desain Konseptual LNG Carrier Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Di Wilayah Papua Dengan Rute Tangguh - Bintuni - Timika

Atmaja, Made Hendra Kusuma (2020) Desain Konseptual LNG Carrier Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Di Wilayah Papua Dengan Rute Tangguh - Bintuni - Timika. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111540000064-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Program 35.000 MW listrik merupakan proyek pemerintah untuk menciptakan kemandirian energi dengan memanfaatkan secara optimal potensi-potensi energi baru dan terbarukan. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyiapkan pola khusus mengoptimalkan konsumsi gas alam cair untuk memenuhi kebutuhan listrik di Maluku, dan Papua guna mendukung 54 pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). Tugas Akhir ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk menciptakan sebuah sarana distribusi gas alam cair sebagai penunjang kebutuhan gas di Indonesia, khususnya di Bintuni, dan Timika, Papua. Payload dari kapal ini merupakan kebutuhan gas alam cair yang digunakan sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTMG) yang ada di Bintuni, dan Timika. Ukuran utama awal kapal LNG Carrier ditentukan dengan penyesuaian jumlah dan ukuran tangki LNG yang digunakan berdasarkan kebutuhan LNG itu sendiri. Ukuran utama awal dilakukan dengan metode Geosim Procedure setelah itu akan dilakukakan metode optimasi 256 ukuran utama. Dari 256 ukuran utama dipilih hambatan yang paling minimum. Setelah itu dilakukan perhitungan teknis berupa perhitungan berat, displacement, trim, freeboard, dan stabilitas. Ukuran utama yang didapatkan adalah Lpp = 73.27 m; B = 12.87 m; H = 5.58 m; T = 3.31 m. Tinggi freeboard minimum sebesar 593.686 mm, besarnya tonase kotor kapal adalah 1092.949 GT dan kondisi stabilitas LNG Carrier memenuhi kriteria Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Analisis ekonomis yang dilakukan adalah memperhitungkan biaya pembangunan (investasi), biaya operasional, serta analisa kelayakan investasi. Biaya pembangunan LNG Carrier ini sebesar Rp 107.805.322.175 dengan estimasi pengambilan keuntungan bersih sebesar Rp 1.944.177.846 per bulan. Pada analisa kelayakan investasi didapat bahwa NPV sebesar Rp 15.898.707.934, IRR 17%, dan payback period pada tahun ke 8. ============================================================================================== The 35.000 MW electricity program is a government project to create energy independence by making optimal use of new and renewable energy potentials. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) has prepared a special pattern to optimize the consumption of liquefied natural gas to meet electricity needs in Maluku and Papua to support 54 gas power plants (PLTG). This Final Project is expected to provide a solution to create a liquid natural gas distribution facility to support gas needs in Indonesia, especially in Bintuni and Timika, Papua. The payload from this ship is a requirement for liquefied natural gas that is used as fuel for Gas Power Plants (PLTMG) in Bintuni, and Timika. The initial main size of an LNG Carrier is determined by adjusting the number and size of the LNG tank used based on the LNG requirements themselves. The initial main measure is carried out using the Geosim Procedure method after which 256 main size optimization methods will be performed. Of the 256 main sizes selected the minimum resistance. After that a technical calculation is carried out in the form of weight, displacement, trim, freeboard, and stability. The main size obtained was Lpp = 73.27 m; B = 12.87 m; H = 5.58 m; T = 3.31 m. The minimum freeboard height is 593,686 mm, the gross tonnage of the ship is 1092,949 GT and the condition of the LNG Carrier stability meets the Intact Stability (IS) Code Reg criteria. III/3.1. Economic analysis carried out is to calculate the cost of development (investment), operational costs, and investment feasibility analysis. The construction cost of the LNG Carrier is Rp. 107,805,322,175 with an estimated net profit of Rp. 1,944,177,846 per month. In the investment feasibility analysis it was found that the NPV of Rp. 15,898,707,934, IRR of 17%, and payback period in the 8th year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LNG, LNG Carrier, Bintuni, Timika, PLTG, LNG, LNG Carrier, Bintuni, Timika, PLTG.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Atmaja Made Hendra Kusuma
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:54
Last Modified: 31 Aug 2020 04:54
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80210

Actions (login required)

View Item View Item