PENERAPAN PRINSIP LEAN THINKING DALAM PENGURANGAN TURN AROUND TIME PADA PROSES PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DI PABRIK PENGOLAHAN NICKEL

Sagita, Pendra (2020) PENERAPAN PRINSIP LEAN THINKING DALAM PENGURANGAN TURN AROUND TIME PADA PROSES PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DI PABRIK PENGOLAHAN NICKEL. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Dokumen Tesis Pendra.pdf]
Preview
Text
Dokumen Tesis Pendra.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karya ini menyajikan studi kasus yang berfokus pada pengurangan waktu analisis dalam proses pengendalian kualitas di pabrik pengolahan Nikel, menggunakan prinsip Lean Thinking. Industri nikel, prosesnya adalah pengeringan, reduksi, peleburan dan konversi. Proses ini perlu dikontrol untuk mendapatkan hasil yang optimal, proses ini perlu dikontrol dengan cepat. Jadi data analisis harus dihasilkan dalam waktu singkat. Pencatatan waktu serta kegiatan dari awal dilakukan pengambilan contoh uji sampai pelaporan data hasil analisa dilakukan untuk menganalisa situasi awal menggunakan Value Stream Mapping sehingga memungkinkan untuk mengidentifikasi masalah utama, seperti waktu tunggu yang tinggi. Akar penyebab masalah utama dicari dengan menggunakan diagram Fishbone serta diberikan saran perbaikan yang sesuai dengan penyebab masalah tersebut.. Penerapan dari saran perbaikan ini dapat mengurangi waktu analisis dalam proses kontrol kualitas 98.52% dari total waktu siklus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Quality Control, Lean Thinking, Value Stream Mapping, Fishbone Diagram
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Pendra sagita
Date Deposited: 21 Aug 2020 13:00
Last Modified: 13 Dec 2023 11:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80287

Actions (login required)

View Item View Item