Perancangan Sistem Distilasi Air Laut Dengan Memanfaatkan Panas Gas Buang Mesin Diesel Pada Kapal Penumpang KM. Nggapulu

Mustiko, Satrio Meidianto (2020) Perancangan Sistem Distilasi Air Laut Dengan Memanfaatkan Panas Gas Buang Mesin Diesel Pada Kapal Penumpang KM. Nggapulu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211640000103-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemenuhan kebutuhan air tawar di kapal penumpang sangatlah penting mengingat pelayaran dalam negeri membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkanbeberapa minggu untuk mencapai tujuan. Penggunaan air tawar di kapal penumpang biasanya diperlukan dalam pemenuhan aktivitas sehari – hari seperti mandi, mencuci, buang air. Tidak hanya untuk keperluan penumpang, air tawar di kapal penumpang juga digunakan untuk sistem pendingin dari mesin diesel yang berperan sebagai penggerak utama di kapal. Untuk memenuhi hal tersebut, pada kapal penumpang disediakan tangki yang dikhususkan sebagai tempat penyimpanan air tawar, dimana pengisian tangki tersebut akan dilakukan ketika kapal bersandar di pelabuhan. Selain dengan melakukan pengisian air tawar, terdapat beberapa cara untuk menghasilkan air tawar, salah satunya adalah dengan sistem distilasi. Pada Tugas Akhir ini, akan dilakukan perancangan terkait sistem distilasi air laut dengan memanfaatkan gas buang mesin diesel untuk menguapkan air laut sebagai salah satu cara untuk memproduksi air tawar di kapal penumpang KM. Nggapulu. Dengan memanfaatkan energi sebesar 2394.4 kW dari gas buang mampu memproduksi air tawar sebanyak 0.935 kg/s yang apabila dibandingkan dengan kebutuhan total air tawar untuk menjalankan satu rute pelayaran dengan durasi pelayaran 265 jam, yaitu sebesar 2.714004 kg/s, maka sistem distilasi ini mampu memenuhi 34.4635% dari kebutuhan total air tawar. Untuk memproduksi air tawar sejumlah tersebut, diperlukan beberapa komponen utama, yaitu shell and tube evaporator dengan diameter 1165 mm dan panjang 4383 mm, evaporator feed pump dengan kapasitas 10.8 m3/h, shell and tube condenser dengan diameter 540 mm dan panjang 3960 mm, dan condenser feed pump dengan kapasitas 82.15 m3/h. ===========================================================================================Freshwater fulfillment on passenger ships is very important considering domestic voyage could take several days, or even weeks, to arrive at the destination. Freshwater usage on passenger ships is usually required for daily activities such as showers and washing. Not only for passenger needs, freshwater is also used for the cooling system of a diesel engine which acts as the main driver on the ship. To fulfill this, the ship is provided with a tank dedicated for storage which shall be refilled during berthing period. In addition to refilling freshwater, there are several ways to produce freshwater, one of them is by distillation system. In this thesis, a sea water distillation system development will be carried out by utilizing diesel engine exhaust gas to evaporate sea water as a way to produce freshwater on passenger ship KM. Nggapulu. By utilizing 2394.4 kW of energy from the exhaust gas capable of producing 0.935 kg/s of fresh water. When compared to the total freshwater needs for one trip that takes 265 hours to complete, which needs 2.714004 kg/s of freshwater, this distillation system will be able to fulfill 34.4635% of the total freshwater needs. To produce this amount of freshwater, several major components are needed, namely a shell and tube evaporator with a diameter of 1165 mm and a length of 4383 mm, a feed pump evaporator with a capacity of 10.8 m3/h, a shell and tube condenser with a diameter of 540 mm and a length of 3960 mm, and condenser feed pump with a capacity of 82.15 m3/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Distilasi, Air Laut, Gas Buang, Mesin Diesel, Kapal Penumpang, Distillation, Sea Water, Exhaust Gas, Diesel Engine, Passenger Ship
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP156 Crystallization. Extraction (Chemistry). Fermentation. Distillation. Emulsions.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Satrio Meidianto Mustiko
Date Deposited: 23 Aug 2020 07:57
Last Modified: 23 Aug 2020 07:57
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80301

Actions (login required)

View Item View Item