Perancangan Sistem Distilasi Air Laut Dengan Memanfaatkan Panas Gas Buang Motor Diesel Yanmar TF 85MH-di

Algiffari, Ardi Munawar (2020) Perancangan Sistem Distilasi Air Laut Dengan Memanfaatkan Panas Gas Buang Motor Diesel Yanmar TF 85MH-di. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000094-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000094-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gas buang yang dihasilkan motor diesel di kapal dapat digunakan sebagai sumber panas untuk proses distilasi air laut. Proses distilasi ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan air tawar di kapal. Maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai waste heat recovery pada gas buang motor diesel. Pada penelitian sebelumnya mengenai sistem distilasi yang memanfaatkan panas gas buang motor diesel didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi produksi air hasil distilasi yaitu putaran mesin, beban mesin, dan waktu mesin tersebut dipakai. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa gas buang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja sistem distilasi. Faktor dari gas buang tersebut yaitu suhu dan laju aliran massa yang dapat mempengaruhi produksi uap pada evaporator dan produksi air hasil distilasi oleh kondensor. Pada suhu 257°C dan dengan nilai laju aliran massa gas buang sebesar 34.2 kg/h didapatkan nilai vapor fraction sebesar 0.94. Pada kondensor, jumlah air yang dihasilkan yaitu sebesar 1.89 liter per jam. Pada simulasi menggunakan perangkat lunak Aspen Hysys menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai suhu gas buang yang masuk kedalam evaporator maka nilai vapor fraction yang dihasilkan juga semakin tinggi begitu juga dengan laju aliran massa gas buang yang semakin tinggi akan menghasilkan nilai vapor fraction yang semakin tinggi pula.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Laju Aliran Massa, Motor Diesel, Distilasi, Gas Buang, Mass Flow Rate, Diesel Engine, Distillation, Exhaust Gas
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP156 Crystallization. Extraction (Chemistry). Fermentation. Distillation. Emulsions.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardi Munawar Algiffari
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:09
Last Modified: 30 May 2023 14:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80302

Actions (login required)

View Item View Item