INTEGRASI DATA PADA PT XYZ DENGAN IMPLEMENTASI DAN KONFIGURASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING ODOO 10

Saputro, Dani Hadi (2020) INTEGRASI DATA PADA PT XYZ DENGAN IMPLEMENTASI DAN KONFIGURASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING ODOO 10. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211640000068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PT XYZ adalah sebuah perusahaan manufaktur kembang gula yang memproduksi berbagai macam jenis permen jahe. Proses bisnis yang berjalan pada PT XYZ masih dilakukan secara manual dan belum terintegrasi. Proses penjualan, pengadaan, persediaan, produksi, serta akuntansi dan keuangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Trello. Pelaksanaan operasional secara manual yang dilakukan pada PT XYZ dapat memicu aktivitas rework dan berpotensi menciptakan redundansi data. Solusi yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan melakukan implementasi Enterprise Resource Planning (ERP). ERP dapat mendukung proses bisnis yang ada pada perusahaan dan mengintegrasikan data dan informasi perusahaan secara akurat. ERP yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Odoo 10 Community Version yang bersifat open source sehingga mampu mengurangi biaya implementasi. Penelitian ini menggunakan metodologi Accelerated SAP (ASAP) yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Tahapan pertama yang dilakukan yakni project preparation yang berisi perencanaan dan cakupan implementasi. Setelah itu dilakukan tahap pembuatan business blueprint proses bisnis to-be serta blueprint master data dengan memetakan kondisi as-is perusahaan dan kondisi best practice Odoo yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kesenjangan. Pada tahap realization dilakukan proses konfigurasi terhadap lima modul Odoo yaitu Sales, Purchase management, Inventory management, Manufacturing, dan Accounting and Finance tanpa melakukan kustomisasi pada fitur default yang disediakan oleh Odoo. Implementasi berakhir pada fase final preparation dengan melakukan pengujian berupa blackbox testing dan integration testing. Penelitian ini menghasilkan database Odoo yang telah dikonfigurasi sesuai dengan rancangan blueprint yang disusun dan diuji menggunakan metode blackbox testing dan integration testing. Hasil kedua pengujian menunjukkan seluruh fungsi yang diujikan dapat dijalankan dengan sukses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Odoo, Implementasi, Accelerated SAP, Konfigurasi, Integrasi Data, ERP Odoo, Implementation, Accelerated SAP, Configuration, Data Integration
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Saputro Dani Hadi
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:17
Last Modified: 25 Aug 2020 02:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80397

Actions (login required)

View Item View Item