Analisis Efek Kontur Piston Crown Pada Motor Diesel Satu Silinder Empat Langkah Berbahan Bakar Biodiesel B30 Terhadap Aliran Fluida Berbasis Simulasi

Baskoro, Taruno Ganggas Daruadji (2020) Analisis Efek Kontur Piston Crown Pada Motor Diesel Satu Silinder Empat Langkah Berbahan Bakar Biodiesel B30 Terhadap Aliran Fluida Berbasis Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211640000112_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mesin diesel dikategorikan ke dalam mesin pembakaran dalam. Pada mesin pembakaran dalam, pembakaran terjadi di ruang bakar (combustion chamber). Proses pembakaran di ruang bakar membutuhkan tiga elemen utama, yaitu bahan bakar, udara, dan panas hasil dari kompresi. Proses pembakaran pada mesin pembakaran dalam akan berpengaruh ke performa maupun emisi mesin. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel Yanmar TF85MH, satu silinder, empat langkah, injeksi langsung dengan bahan bakar biodiesel B30. Penelitian ini akan menganalisa efek kedalaman piston bowl terhadap aliran fluida yang dihasilkan. Untuk mendapatkan data, metode simulasi dipilih oleh penulis dengan menggunakan software ANSYS. Kedalaman piston bowl saat ini adalah sebesar 15,5 mm. Pada penelitian ini akan dilakukan variasi model dengan penambahan dan pengurangan sebesar +2, +1, 0, -1, dan -2 (dalam mm). Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa swirl ratio tertinggi terjadi pada case 5 dengan nilai sebesar -1,15, temperature tertinggi terjadi pada case 4 dengan nilai sebesar 2373˚K, dan heat release rate rate tertinggi terjadi pada case 4 dengan nilai sebesar 3,25x108 erg/degree. ====================================================================================================================== Diesel engines are categorized into internal combustion engines. On the internal combustion engine, combustion occurs in the combustion chamber. The combustion process requires three main elements: fuel, air, and heat from compression. The combustion process on the internal combustion engine will affect engine performance or emissions. The engine used is Yanmar TF85MH, one cylinder, four-stroke, direct-injection with B30 fuel palm oil. This study analyzes the effect of the piston bowl depth against the resulting fluid flow. To get the data, the author using the ANSYS software. The current piston bowl depth is 15.5 mm. In this study, model variation with addition and reduction of +2, +1, 0, -1, and -2 (in mm). The results of the simulation show that the highest swirl ratio occurs in case 5 with a value of -1.15, the highest temperature occurs in case 4 with a value of 2373˚K, and the highest heat release rate occurs in case 4 with a value of 3.25x108 erg/degree

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: piston bowl, aliran fluida, computational fluid dynamics, piston bowl, flow fluid, computational fluid dynamics
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA357 Computational fluid dynamics. Fluid Mechanics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ254.7 Combustion chambers
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Baskoro Taruno Ganggas Daruadji
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:45
Last Modified: 24 Aug 2020 05:45
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80445

Actions (login required)

View Item View Item