Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Dan Posisi Foil Hydroplane Kapal Selam 65 Meter Terhadap Moment Dan Force Dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Krisnadewanta, Ida Bagus Komang (2020) Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Dan Posisi Foil Hydroplane Kapal Selam 65 Meter Terhadap Moment Dan Force Dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211640000042-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan dan penelitian pada sektor maritim khususnya pada moda transportasi laut banyak dilakukan. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan pada kapal selam, khususnya pada kemampuan penyelaman atau diving dan manouvering kapal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari bentuk dan posisi dari foil hydroplane terhadap gaya atau force dan moment yang terjadi pada suatu lambung kapal selam yang nantinya dapat mempengaruhi kemampuan dari penyelaman atau diving dan kemampuan maneuvering. Penelitian ini menggunnakan metode Computational Fluid Dynamics atau CFD dengan bantuan software C-Wizard, Numeca Fine Marine 8.1 pada masing-masing kapal dengan rentang kecepatan 3 knor – 5 knot berdasarkan speed average dalam melakukan diving dengan variasi 6 model yang berbeda. Penelitian ini diharapkan mengetahui bentuk maupun posisi yang terbaik dari hydroplane yang digunakan pada kapal selam. Hasil yang didapatkan dari simulasi yang menggunakan C-Wizard pada Numeca Fine Marine 8.1 adalah untuk nilai rata-rata tiap model, didapatkan nilai Fz terbesar adalah model 2 sebesar 20436,8N; Fy terbesar adalah model 5 sebesar 375752 N; Fz terbesar adalah model 1 sebesar 45818,6 N. Dalam gaya penunjang gerak diving didapatkan koefisien dari surge terbesar adalah model 6 yaitu 0,001939133 dan koefisien dari heave terbesar adalah model 2 yaitu 0,006670829 dan nilai rata-rata dari tiap model, didapatkan Mx terbesar adalah model 5 sebesar 1385236 Nm; My terbesar adalah model 2 sebesar 444461 Nm; Mz terbesar adalah model 5 sebesar 3755531 Nm. Dalam momen penunjang gerak diving didapatkan koefisien dari pitch atau My terbesar adalah model 5 yaitu 0,001563317. ==================================================================================================================== Development and research in the maritime sector, especially in the sea transportation mode is mostly carried out. One of them is research conducted on submarines, especially on the ability to dive or dive and maneuvering the ship. This research was conducted to find out how the influence of the shape and position of the foil hydroplane on the force or force and moment that occurs in a submarine hull which can later affect the ability of diving or diving and maneuvering ability. This study uses the Computational Fluid Dynamics or CFD method with the help of C-Wizard software, Numeca Fine Marine 8.1 on each ship with a speed range of 3 knors - 5 knots based on speed averages in diving with a variation of 6 different models. This research is expected to find out the best shape and position of the hydroplane used on submarines. The results obtained from simulations using the C-Wizard on Numeca Fine Marine 8.1 are for the average value of each model, the largest Fz value obtained is model 2 of 20436.8N; The biggest Fy is model 5 with 375752 N; The biggest Fz is model 1 for 45818,6 N. In the diving motion support force, the coefficient of the biggest surge is model 6, which is 0,001939133 and the biggest heave coefficient is model 2, which is 0,006670829 and the average value of each model is obtained Mx the biggest is model 5 of 1385236 Nm; My biggest is model 2 of 444461 Nm; The biggest Mz is model 5 of 3755531 Nm. In moments supporting the motion of diving, the greatest coefficient of pitch or My is model 5, which is 0,001563317.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: C-Wizard, Diving, Force, Hydroplane, Moment.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM362 Hydrofoil boats.
Depositing User: Ida Bagus Komang Krisnadewanta
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:30
Last Modified: 23 Aug 2020 04:30
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80461

Actions (login required)

View Item View Item