Pemodelan Struktural Atribut Usability Dengan Technology Acceptance Model Pada Smart Parking Mobile Application

Amiruddin, Amaliah (2020) Pemodelan Struktural Atribut Usability Dengan Technology Acceptance Model Pada Smart Parking Mobile Application. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[img] Text
02411850040003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Smart parking merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengatasi permasalahanpermasalahan parkir yang sering terjadi. Meskipun telah banyak aplikasi smart parking yang dikembangkan di dunia tetapi hanya sedikit yang memiliki desain antarmuka yang baik. Salah satu metode untuk menilai kualitas desain antarmuka suatu aplikasi adalah dengan mengukur kegunaannya (usability). Pada beberapa penelitian, usability juga banyak dihubungkan dengan TAM (Technology Acceptance Model) untuk melihat bagaimana penerimaan masyarakat terhadap suatu teknologi baru. Namun penelitian mengenai hal tersebut masih kurang, terutama aplikasi smart parking sebagai objek. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada penentuan atribut usability pada aplikasi smart parking dan juga pemodelan atribut usability dengan TAM. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) untuk memodelkan hubungan antara usability dengan TAM. Dari 10 hubungan jalur yang diusulkan, satisfaction ke behavioral inention to use dan job relevance ke perceived usefulness tidak signifikan. Hasil dari hubungan jalur tersebut dapat dijadikan oleh pihak pengembang sebagai panduan untuk melihat fitur-fitur apa saja yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan ketika membuat aplikasi smart parking. Adapun untuk penelitian selanjutnya, atributatribut usability pada model ini dapat digunakan untuk mengevaluasi usability dari aplikasi smart parking.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Usability, Technology Acceptance Model, Structural Equation Model, Smart Parking, Mobile Application,
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Amaliah Amiruddin
Date Deposited: 23 Aug 2020 10:34
Last Modified: 23 Aug 2020 10:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80528

Actions (login required)

View Item View Item