Rancang Bangun Lampu Pengumpul Ikan Berbasis Diode yang Efektif dan Efisien serta Berpropulsor dalam Skala Model

Siregar, Hadi Mulki (2020) Rancang Bangun Lampu Pengumpul Ikan Berbasis Diode yang Efektif dan Efisien serta Berpropulsor dalam Skala Model. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000054_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211540000054_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di dunia dengan panjang garis pantai mencapai 99.093 kilometer dengan sumber daya ikan yang melimpah. Untuk memaksimalkan hasil tangkapannya, sebagian nelayan di Indonesia menggunakan cahaya untuk mengumpulkan ikan sebelum ditangkap. Salah satu jenis kapal ikan yang memanfaatkan cahaya lampu dalam proses penangkapan ikan adalah kapal purse sein. Pada penggunaan lampu petromaks, cahaya yang dihasilkan lebih redup dan tidak dapat menembus air laut sampai kedalaman 5 meter. Cahaya lampu yang diletakkan di atas permukaan air pun 70%-nya dipantulkan kembali ke atas oleh permukaan air. Untuk mengatasi hal itu, saat ini di pasaran banyak dijual lampu pengumpul ikan yang dicelupkan dalam air. Namun, proses ini beresiko tinggi karena pengaruh angin dan arus laut akan membuat lampu tersebut susah diatur ditempat yang diinginkan. Warna cahaya dari lampu pengumpul ikan yang ada saat ini tidak bisa menarik ikan-ikan yang memiliki jenis kepekaan warna yang berbeda, karena jenis warna dari lampunya hanya satu jenis. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan sebuah lampu pengumpul ikan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan warna cahaya yang beragam. Lampu pengumpul ikan tersebut dapat dikendalikan sampai jarak 120 meter serta dapat mengumpulkan ikan nila dengan penggunaan cahaya warna merah.
=================================================================================
Indonesia is the largest archipelagic country in the world with a coastline 99.093 kilometers with abundant fish resources. To maximize their catch, some fisherman in Indonesia use light to collect fish before they are caught. One type of fishing vessel that uses lights in the process of fishing is the purse seine ship. In the use of kerosene lamps, the light produced is fainter and cannot penetrate seawater to a depth of 5 meters. Even 70% the light placed on the surface of the water is reflected back up by the surface of the water. To overcome this, there are many light fishing lamp dip in water sold in the market nowadays. However, this process have high risk because the effect of wind and sea wave will make the lamp difficult to adjust where desired. The color of light fishing lamp nowadays cannot attract fish that have different types of color sensitivity, because the color of the lamp is only one type. To overcome this problem, it is need a light fishing lamp that can be controlled remotely with a variety of light colors. The light fishing lamp can be controlled up to 120 meters and can collect tilapia fish with the use of red light.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: lampu pengumpul ikan, lampu LED, kendali jarak jauh, multi-warna, RC boat light fishing lamp, LED lamp, remotly, variety of colors, RC boat
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hadi Mulki Siregar
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:34
Last Modified: 18 Dec 2023 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80664

Actions (login required)

View Item View Item