OPTIMISASI DESAIN SHELL AND TUBE HEAT EXCHANGER PADA PROSES PASTEURISASI SUSU KEDELAI

GHOZALI, NURRIZQI AINUL (2020) OPTIMISASI DESAIN SHELL AND TUBE HEAT EXCHANGER PADA PROSES PASTEURISASI SUSU KEDELAI. Other thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 023111140000010-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
023111140000010-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susu kedelai dapat menggantikan susu sapi dikarenakan susunan asam aminonya mirip dengan susu sapi. Pasteurisasi dilakukan dengan memberikan perlakuan panas untuk menghilangkan bakteri patogen pada makanan atau minuman, sehingga aman untuk dikonsumsi. Proses pasteurisasi susu kedelai pada low temperature long time (LTLT) memerlukan panas pada suhu 62,8ºC selama 30 menit dan high temperature short time (HTST) pada suhu 71,7ºC selama 15 detik. Proses pasteurisasi memerlukan alat penukar panas (heat exchanger). Permasalahan pada heat exchanger yakni terbentuknya fouling. (deposit yang tidak diinginkan pada permukaan heat exchanger yang menghambat proses perpindahan panas. Fouling dapat diminimalkan dengan menentukan geometri heat exchanger yang optimal. Dalam penelitian ini, sebanyak 10 heat exchanger dirangkai secara seri. Optimisasi dilakukan untuk menentukan geometri shell and tube heat exchanger sehingga diperoleh fouling resistance minimal. Optimisasi dilakukan dengan menggunakan beberapa metode stokastik. Variabel yang dioptimisasi adalah diameter dalam shell (Ds), diameter luar tube (do), dan jumlah baffle (Nb). Dari hasil optimisasi duelist algorithm didapatkan bahwa nilai fouling resistance pada sisi shell (Rfs) rata-rata berkurang 25%, sedangkan fouling resistance pada sisi tube (Rft) rata-rata berkurang 3%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Susu kedelai, Pasteurisasi, Optimisasi, Heat Exchanger, Fouling Resistance,Soy Milk, Pasteurization, Optimization
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263 Heat exchangers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: GHOZALI NURRIZQI AINUL
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:04
Last Modified: 18 Nov 2023 14:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80722

Actions (login required)

View Item View Item