PREDIKSI HIDROGRAF ALIRAN SUNGAI REJOSO KABUPATEN PASURUAN AKIBAT PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN DAN CURAH HUJAN

MUJIBADI, JULIAN KHOIDIR (2020) PREDIKSI HIDROGRAF ALIRAN SUNGAI REJOSO KABUPATEN PASURUAN AKIBAT PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN DAN CURAH HUJAN. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 03111850050004_Master-Thesis.pdf]
Preview
Text
03111850050004_Master-Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu untuk menyelesaikan masalah-masalah pada DAS Rejoso adalah pengelolaan DAS. Oleh karena itu, untuk mencapai kegiatan pengelolaan DAS diperlukan sebuah kajian tentang sampai sejauh mana dampak yang ditimbulkan akibat perubahan tata guna lahan terhadap debit limpasan pada DAS Rejoso. Tujuan utama yang ingin dicapai adalah mengetahui perubahan tata guna lahan yang terjadi terhadap debit limpasan.
Simulasi perubahan iklim (Curah Hujan) serta tata guna lahan dengan menggunakan HEC-HMS (Hydrology Engineering Center-Hydrologic Modeling System) dilakukan untuk mengetahui respon hidrograf aliran DAS. Penutupan lahan yang digunakan dalam analisis ini terdiri dari penutupan lahan sesuai Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Pasuruan yang diterbitkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pasuruan. Curah hujan masa depan diproyeksi dengan menggunakan model CSIRO dengan skenario RCP 4.5 yang di downscalling menggunakan metode bias correction. Data curah hujan proyeksi yang telah terkoreksi diunduh dari website ccafs-climate.org yang dikelola oleh Climate Change, Agriculture, and Food Security Organization.
Hasil pemodelan HEC-HMS, perubahan terbesar volume debit yang terjadi terhadap kondisi baseline yaiyu pada skenario 2 mengalami peningkatan volume debit sebesar 5,8% atau 53.381,6 m3. Perubahan volume debit terendah yaitu pada skenario 3 dengan perubahan volume debit yang terjadi terhadap kondisi baseline sebesar 3,2% atau 29.615,9 m3. Apabila kondisi hidrologi DAS Rejoso masih tetap sama, maka apabila terjadi peningkatan volume curah hujan pada masa yang akan datang maka respon hidrologi yang terjadi yaitu peningkatan volume limpasan yang menyebabkan resiko banjir dan jika mengalami penurunan volume maka akan beresiko kekurangan air.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Curah Hujan, Tata Guna Lahan, DAS Rejoso, HEC-HMS.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC424 Water levels
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC801 Reclamation of land
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD171.75 Climate change mitigation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Julian Khoidir Mujibadi
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:27
Last Modified: 21 Dec 2023 02:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80754

Actions (login required)

View Item View Item