Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Tekanan Injeksi Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Diesel Berbahan Bakar Campuran Dexlite, Ethanol, Dan Crude Palm Oil

Barraq, Irsyad Aufa (2020) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Tekanan Injeksi Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Diesel Berbahan Bakar Campuran Dexlite, Ethanol, Dan Crude Palm Oil. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111640000136-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil dan mengurangi pengaruh buruk pada lingkungan maka diperlukan penelitian terhadap sumber energi yang terbaharukan dan ramah lingkungan. Salah satu sumber energi terbaharukan yang dapat digunakan adalah bahan bakar nabati atau yang berasal dari tumbuhan. Bahan bakar nabati yang dapat digunakan adalah bioethanol dan minyak kelapa sawit (crude palm oil). Tetapi, bahan bakar nabati memiliki kelemahan yang mempengaruhi performa suatu mesin motor bakar, seperti Cetane Number, Caloric Value, dan Viscosity. Dibutuhkan rekayasa terkait bahan bakar yang sudah diaplikasikan. Penelitian ini akan diketahui bagaimana pengaruh perubahan tekanan injeksi (injection pressure) sebagai rekayasa teknologi dan bahan bakar campuran Dexlite, Ethanol, Crude Palm Oil terhadap unjuk kerja mesin dan emisi bahan bakar yang dihasilkan. Penelitian dimulai dengan mencampurkan bahan bakar Dexlite dengan variasi persentase Ethanol 0%, 10%, dan 15% dan Crude Palm Oil 5%, 7,5%, dan 10%. Digunakan alat magnetic stirrer pada 1500 rpm untuk mencampurkan bahan bakar dengan waktu tunggu selama 10 menit untuk ada atau tidaknya separasi. Selanjutnya disimpulkan campuran bahan bakar terbaik (efisiensi termal tertinggi dan terendah) yang akan digunakan pada bahan bakar uji dengan variasi tekanan injeksi (injection pressure). Kemudian dilakukan uji unjuk kerja dan emisi dengan variasi tekanan injeksi (injection pressure) yaitu 190 kg/cm2, 210 kg/cm2, 220 kg/cm2. Hasil dari penelitian ini didapatkan campuran bahan bakar tertinggi dan terendah dengan parameter efisiensi termal yang akan digunakan untuk bahan bakar variasi tekanan injeksi. Efisiensi termal tertinggi pada tekanan injeksi standar 200 k/cm2 adalah campuran bahan bakar D77,5C7,5E15 dan efisiensi termal terendah pada tekanan injeksi standar 200 k/cm2 adalah D80C10E10. Rata-rata efisiensi Termal tertinggi pada campuran bahan bakar D80C10E10 dengan tekanan injeksi 220 kg/cm2 adalah 13,89%. Sedangkan rata-rata efisiensi Termal tertinggi pada campuran bahan bakar D77,5C7,5E15 dengan tekanan injeksi 220 kg/cm2 adalah 18,71%. Seiring kenaikan tekanan injeksi maka unjuk kerja mesin diesel mengalami peningkatan dan smoke opacity yang dihasilkan akan semakin rendah. ================================================================================================================ To reduce the consumption of fossil fuels and reduce the bad influence of the environment, research is needed on renewable and environmentally friendly energy sources. One of the renewable energy sources that can be used is biofuel or derived from plants. Biofuels that can be used are bioethanol and crude palm oil. However, biofuels have weaknesses that affect the performance of a combustion engine, such as Cetane Number, Caloric Value, Viscosity. Fuel engineering is needed that has been applied. This research will find out how the effect of injection pressure as a technological engineering and fuel mixture of Dexlite, Ethanol, Crude Palm Oil on performance and emissions of diesel engine. The study began by mixing Dexlite fuel with a variation of 0%, 10%, and 15% Ethanol and Crude Palm Oil 5%, 7.5%, and 10%. A magnetic stirrer at 1500 rpm is used to mix the fuel with a waiting time of 10 minutes for the presence or absence of separation. It was concluded that the best fuel mixture (the highest and lowest of thermal efficiency) will be used in the experiment with a variation of injection pressure. Then the performance and emission have resulted with the variation of injection pressure, such as 190 kg / cm2, 210 kg / cm2, 220 kg / cm2. The results of this study obtained the highest and lowest fuel mix with thermal efficiency parameters that will be used for fuel injection pressure variations. The highest thermal efficiency is the fuel mixture D77,5C7,5E15 at injection pressure 200 k/cm2 and the lowest thermal efficiency is D80C10E10 at injection pressure 200 k/cm2. Highest average thermal efficiency in fuel mixture D80C10E10 at injection pressure 220 kg/cm2is 13,89%. Highest average thermal efficiency in fuel mixture D77,5C7,5E15 at injection pressure 220 kg/cm2 is 18,71%. As injection pressure increases, engine performance increases and smoke opacity emissions decrease.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diesel, Dexlite, Ethanol, Crude Palm Oil, Injection Pressure Diesel, Dexlite, Ethanol, Crude Palm Oil, Injection Pressure
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irsyad Aufa Barraq
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:31
Last Modified: 24 Aug 2020 04:31
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80842

Actions (login required)

View Item View Item