PEMODELAN DATA WISATAWAN MANCANEGARA YANG BERKUNJUNG KE INDONESIA MELALUI PINTU MASUK UTAMA MENGGUNAKAN GENERALIZED SPACE-TIME AUTOREGRESSIVE DENGAN VARIABEL EKSOGEN (STUDI KASUS : WISATAWAN JEPANG)

Isnaini, Faridathul Noor (2020) PEMODELAN DATA WISATAWAN MANCANEGARA YANG BERKUNJUNG KE INDONESIA MELALUI PINTU MASUK UTAMA MENGGUNAKAN GENERALIZED SPACE-TIME AUTOREGRESSIVE DENGAN VARIABEL EKSOGEN (STUDI KASUS : WISATAWAN JEPANG). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Faridathul Noor Isnaini (06111640000133).pdf]
Preview
Text
Faridathul Noor Isnaini (06111640000133).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu kekuatan yang dimiliki suatu negara untuk meningkatkan perekonomian ialah sektor pariwisata. Berbagai wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, diantaranya berasal dari Jepang. Jumlah wisatawan asal Jepang terus naik setiap tahunnya, oleh karena itu diperlukan adanya pendekatan kuantitatif dalam menganalisis data wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia. Analisis data deret waktu multivariate tidak hanya berhubungan dengan waktu sebelumnya, tetapi juga berhubungan dengan lokasi lainnya. Pada penelitian ini akan menerapkan salah satu model space time yaitu Generalized Space-Time Autoregressive dengan variabel eksogen (GSTARX) untuk memodelkan data wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia melalui pintu masuk utama. Estimasi yang digunakan adalah OLS dan GLS dengan menggunakan bobot invers jarak dan normalisasi korelasi silang. Model terbaik didapatkan berdasarkan nilai RMSE data out-sample terkecil. Hasil peramalan pada saat libur musim dingin menunjukkan peningkatan, sedangkan pada saat golden week dan libur hari raya idul fitri menunjukkan penurunan jumlah wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: GSTAR, variabel eksogen, bobot lokasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > Economic forecasting--Mathematical models.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faridathul Noor Isnaini
Date Deposited: 25 Aug 2020 13:08
Last Modified: 25 Dec 2023 13:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80861

Actions (login required)

View Item View Item