STUDI KARAKTERISTIK PEDESTRIAN DAN PEMILIHAN FASILITAS PENYEBERANGAN DI KOTA SURABAYA DENGAN METODE REVEALED PREVERENCE (Studi Kasus Jl. Pemuda, Jl. Prof. Dr. Mustopo, dan Jl. Gubernur Suryo)

Nur Indah Mukhoyyaroh, Indah STUDI KARAKTERISTIK PEDESTRIAN DAN PEMILIHAN FASILITAS PENYEBERANGAN DI KOTA SURABAYA DENGAN METODE REVEALED PREVERENCE (Studi Kasus Jl. Pemuda, Jl. Prof. Dr. Mustopo, dan Jl. Gubernur Suryo). STUDI KARAKTERISTIK PEDESTRIAN DAN PEMILIHAN FASILITAS PENYEBERANGAN DI KOTA SURABAYA DENGAN METODE REVEALED PREVERENCE.

[img] Text
Draft Tesis Nur Indah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya volume lalu lintas kendaraan di jalan raya sangat membutuhkan tersedianya fasilitas pejalan kaki berupa fasilitas penyeberangan pada daerah –daerah dimana pedestrian terkonsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas penyeberangan seperti apa yang diperlukan oleh pejalan dan mengetahui perilaku pejalan kaki agar penyediaan fasilitas penyeberangan tersebut lebih efektif karena disesuaikan dengan perilaku pengunanya. Selain itu juga untuk menghindari ketidak tepatan penempatan fasilitas penyeberangan yang dapat mengakibatkan tidak terpakainya fasilitas tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara terkait kepuasan pengguna fasilitas penyeberangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kondisi fasilitas pada Jl. Pemuda, Jl. Gubernur Suryo, dan Jl. Prof. Dr. Moestopo sudah baik untuk melindungi penyeberang jalan pada kendaraan pribadi. Setelah di lakukan uji regresi logistik untuk mengetahui probabilitas penyeberang dalam memilih fasilitas penyeberangan didapatkan hasil bahwa 60,6% masyarakat lebih memilih JPO sebagai alternatif penyeberangan dengan alasan lebih aman. Dengan demikian, pengembangan fasilitas penyeberangan JPO pada Jl. Pemuda, Jl. Gubernur uryo dan Jl. Prof. Dr. Moestopo dinilai sudah tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki, Penyeberangan Pejalan Kaki, Jembatan Penyeberangan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Theses
Depositing User: Nur Indah Mukhoyyaroh
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:21
Last Modified: 26 Aug 2020 04:21
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81022

Actions (login required)

View Item View Item