Optimasi Penempatan Perawat dengan Berbagai Pola Penugasan pada Rumah Sakit ABC dengan Metode Goal Programming

Murwato, Sigit (2020) Optimasi Penempatan Perawat dengan Berbagai Pola Penugasan pada Rumah Sakit ABC dengan Metode Goal Programming. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9114201323 - Tesis FINAL (20200824).pdf]
Preview
Text
9114201323 - Tesis FINAL (20200824).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pemenuhan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang meliputi tenaga dokter, perawat, bidan, dan sebagainya, memegang peranan yang sangat penting. Salah satu sumber daya manusia yang dari segi jumlah maupun keberadaanya dominan di rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien adalah tenaga perawat. Peranan manajemen rumah sakit dalam menjaga ketersediaan tenaga perawat salah satunya adalah dengan melakukan perencanaan penjadwalan. Tanpa adanya perencanaan penjadwalan sumber daya yang baik, maka pelayanan akan menjadi tidak optimal dan biaya yang timbul akan menjadi tidak terkendali.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi penjadwalan perawat yang bekerja di Rumah Sakit ABC. Kondisi penjadwalan saat ini yang tidak memperhatikan waktu-waktu tertentu yang berbeda tingkat pelayanananya membuat manajemen rumah sakit harus membuat pola penjadwalan yang optimal. Manajemen merasa bahwa banyak waktu menganggur (idle) yang dialami oleh sebagian perawat. Maka, dari data yang terjadi di masa lalu akan dilakukan pengamatan setiap 4 jam terjadi berapa pelayanan yang dilakukan dan membutuhkan berapa tenaga perawat. Selanjutnya dengan menggunakan metode Goal Programming dibuat beberapa prioritas tujuan seperti bagaimana meminimalkan jumlah perawat yang berlebih dalam satu shift atau slot. Kemudian selanjutnya bagaimana meminimalkan kelebihan target jumlah perawat yang bekerja dalam satu minggu. Dan terakhir akan meminimalkan kelebihan jumlah perawat yang bekerja pada shift malam.
Model matematika tersebut kemudian dijalankan ke dalam program Lingo. Hasil yang didapat adalah pola penjadwalan yang memperhatikan tingkat kebutuhan untuk setiap slot waktu pelayanan. Pendekatan model ini dapat digunakan untuk masalah penjadwalan karyawan pada penelitian selanjutnya.
=========================================================
In fulfilling health services in hospitals, the availability of human resources (HR) which includes doctors, nurses, midwives, and so on, plays a very important role. In terms of amount and dominant existence in the hospital in providing health services to patients is a nurse. The role of hospital management in maintaining the availability of nurses is to plan a good schedule. Without a good resource scheduling plan, the services will not be optimal and the costs will hard to control.
This research aims to optimize the nurse scheduling. Existing schedule did not pay attention to specific time that have different load to another. Management feels that a lot of idle time is experienced by some nurses. Therefore, from the data that occurred in the past there will be observations that every 4 hours will occur how many services performed and how many nurses needed. Furthermore, by using Goal Programming method, several priority objectives are made, such as how to minimize the deviation of nurses needed in one shift or slot. Then how to minimize the excess target number of nurses who work in one week. And then minimize the excess number of nurses who work on the night shift.
The suggested mathematical model has been implemented using Lingo Software. Work patterns have been suggested to improve schedules quality based on different load of services that occur in specific time. The suggested approach can be used for any similar staff scheduling problem in the next research.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perawat, Penjadwalan, Optimasi, Goal Programming
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Murwato Sigit Ananda
Date Deposited: 28 Aug 2020 07:23
Last Modified: 16 Nov 2023 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81155

Actions (login required)

View Item View Item