DESAIN INTERIOR PASAR MEJAYAN BARU DENGAN KONSEP PASAR WISATA VERNAKULAR SEBAGAI IKON KOTA CARUBAN

Wahyu, Putro (2020) DESAIN INTERIOR PASAR MEJAYAN BARU DENGAN KONSEP PASAR WISATA VERNAKULAR SEBAGAI IKON KOTA CARUBAN. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411640000036 -Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08411640000036 -Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Beberapa tahun terakhir ini di Kabupaten Caruban telah dioprasikan pasar tradisional Mejayan baru. Pasar tersebut masih memiliki beberapa permasalahan utama diantaranya aspek kenyamanan bangunan dan kurangnya minat pengunjung. Potensi lokal kabupaten Caruban seperti budaya dan material yang menjadi daya Tarik pengunjung dapat terimplementasikan pada bangunan Pasar Mejayan Baru. Berangkat dari permasalahan tersebut Pemerintah kota Caruban berencana menjadikan Pasar Mejayan Baru sebagai ikon kota.
Beberapa permasalahan dari Pasar Mejayan Baru merupakan permasalahan klasik pasar tradisional pada umumnya. Penataan zonasi pasar yang masih perlu dioptimalkan dan kenyamanan sirkulasi serta pemanfaatan potensi lokal daerah tersebut masih menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan.
Dalam hal ini dibutuhkan solusi untuk memecahkan problematika tersebut dengan pendekatan desain Interior. Perumusan konsep desain dilakukan setelah melakukan penelitian secara kualitatif yaitu dengan melakukan observasi langsung, dokumentasi, mengkaji literatur didukung dengan kuesioner dan wawancara narasumber terkait. “Desain Interior Pasar Mejayan Baru Dengan Konsep Pasar Wisata Vernakular Sebagai Ikon Kota Caruban” merupakan alternative solusi yang menguatkan konsep vernacular desain yaitu interdenpedensi terhadap alam, dengan pemanfaatan potensi material serta gubahan lokal.
Kata Kunci—Pasar Tradisional, Vernakular, Caruban

==================================================================================================================
In the last few years, Caruban has operated the new Mejayan traditional market. The market still has several major problems including aspects of building comfort and lack of visitor interest. The local potentials of Caruban, such as culture and materials that attract visitors, can be implemented. From these problems, the city government of Caruban plans to make Pasar Mejayan Baru a city icon.
Some of the problems with the New Mejayan Market are general. The market zoning arrangement that still needs to be optimized and the convenience of circulation and the utilization of the local potential of the area are still problems that need to be resolved.
In this case, a solution is needed to solve these problems with an Interior design approach. The formulation of the design concept is carried out after conducting qualitative research, namely by conducting direct observation, documentation, reviewing literature supported by questionnaires and interviewing related sources. "Interior Design of the New Mejayan Market with the Concept of a Vernacular Tourism Market as an Icon of Caruban City" is an alternative solution that strengthens the concept of vernacular design, namely interdependence of nature, by utilizing potential materials and local compositions.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wahyu Putro Utomo
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:59
Last Modified: 25 Dec 2023 12:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81183

Actions (login required)

View Item View Item