Analisa Stabilitas Dan Deformasi Terowongan MRT Jakarta Section CP 105-3

Putra, Ahmad Ilmiawan (2020) Analisa Stabilitas Dan Deformasi Terowongan MRT Jakarta Section CP 105-3. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111610013056-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Konstruksi terowongan MRT Jakarta merupakan konstruksi terowongan bawah tanah pada tanah lunak, dimana yang dikaji dalam penulisan proyek akhir ini yaitu stabilitas dan deformasi yang terjadi pada terowongan. Salah satu terowongan yang dijadikan analisa dalam penulisan proyek akhir ini yaitu terowongan MRT Jakarta section CP 105-3 pada STA 12+403 – STA 12+699 dengan panjang terowongan sebesar 296 meter yang terletak antara Stasiun Bendungan Hilir hingga Stasiun Setiabudi. Dalam analisa deformasi dan stabilitas terowongan pada arah melintang, dilakukan dengan software PLAXIS 2D v.20 dan untuk analisa terowongan pada arah memanjang dilakukan dengan software GEO5-Program Beam untuk mengetahui penurunan pada struktur terowongan dalam arah memanjang. Hasil analisis terowongan arah melintang dengan program PLAXIS 2D v.20 menunjukkan bahwa deformasi terbesar terjadi pada kedalaman muka air tanah 5 mbgl (LWL) baik pada tahapan konstruksi maupun pada kondisi seismik, sedangkan nilai stabilitas paling kecil terjadi pada kedalaman muka air tanah 0 mbgl (FWL). Hasil analisis terowongan arah memanjang dengan program GEO5 menunjukkan bahwa penurunan terbesar pada kombinasi beban ultimit (ULS) sebesar 14,6 mm dengan beda penurunan yang terjadi sebesar 7,9 mm. Dari keseluruhan hasil analisa yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa kedalaman muka air tanah sangat memengaruhi konstruksi terowongan baik dari segi deformasi dan stabilitas terowongan, sehingga kedalaman muka air tanah yang ada menjadi faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam perencanaan konstruksi terowongan. ================================================================================================================== The construction of the Jakarta MRT tunnel is the construction of underground tunnels on soft ground, which is reviewed in the writing of this final project namely the stability and deformation that occurs in the tunnel. One of the tunnels used for analysis in the final project was the Tunnel of MRT Jakarta section CP 105-3 at STA 12+403 – STA 12+699 with a tunnel length of 296 meters located between Bendungan Hilir Station and Setiabudi station. In the analysis of deformation and the stability of tunnels in the transverse direction, is done with software PLAXIS 2D v.20 and for tunnel analysis in the elongated direction is done with the GEO5-Program Beam software to determine the settlement in the tunnel structure in an elongated direction. The results of a transverse tunnel analysis with the PLAXIS 2D v. 20 program showed that the largest deformation occurred at 5 MBGL (LWL) ground water depth in both construction and seismic conditions, while the least stability value occurred at a groundwater depth of 0 mbgl (FWL). The results of an elongated tunnel analysis with the GEO5 program showed that the biggest settlement in the combination of ultimite loads (ULS) was 14.6 mm with a difference settlement occurring at 7.9 mm. From the overall results of analysis that has been obtained, it can be concluded that the depth of ground water is affecting the tunnel construction both in terms of deformation and the stability of the tunnel, so that the depth of the existing groundwater is a very important factor to consider in planning tunnel construction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: deformasi, stabilitas, terowongan, deformation, stability, tunnel.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Ahmad Ilmiawan Putra
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:29
Last Modified: 27 Aug 2020 06:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81218

Actions (login required)

View Item View Item