Analisa Transpor Sedimen Sejajar Garis Pantai Sebagai Upaya Perawatan di Pelabuhan Probolinggo Jawa Timur

Bariklana, Galih (2020) Analisa Transpor Sedimen Sejajar Garis Pantai Sebagai Upaya Perawatan di Pelabuhan Probolinggo Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111610000069_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan merupakan fasilitas penting sebagai penghubung antar daerah yang terpisah oleh laut. Dengan adanya suatu pelabuhan menjadikan suatu daerah cenderung berkembang baik secara social maupun ekonomi. Pelabuhan Probolinggo mengalami perubahan dari waktu ke waktu, termasuk pembangunan “Pelabuhan Baru Probolinggo” yang berada di sebelah barat Pelabuhan lama. Pada umumnya setiap pelabuhan memiliki kajian terhadap sedimentasi. Karena sedimentasi yang banyak dapat membuat pelayanan suatu pelabuhan menjadi kurang maksimal. Sedangkan di Pelabuhan Probolinggo belum ada yang membahas hal tersebut. Maka perlu dilakukan analisis transport sedimen di Pelabuhan Probolinggo. Transpor Sedimen yang dianalisis merupakan analisis transport sedimen sejajar garis pantai Long Shore Current. Untuk menganalisis hal tersebut, memerlukan analisis bathimetri, analisis data angin, analisis deformasi gelombang dan yang terakhir analisis transport sedimen. Setelah menganlisis transport sedimen, perubahan garis pantai yang terjadi dapat dimodelkan. Dari perhitungan yang dilakukan, didapatkan tinggi gelombang di laut dalam sebesar 0.905 m dengan periode 5.521 detik dan gelombang menjalar dari arah Timur sesuai dengan hasil mawar angin. Sedangkan gelombang pecah terjadi pada kedalaman 1 m dengan tinggi gelombang = 0.947 m dan memiliki cepat rambat gelombang 3.644 m/s. Analisis transpor sedimen meninjau 30 titik yang memiliki jarak antar titik 200 m. Dari hasil analisis transport sedimen menghasilkan kondisi bahwa terjadi sedimentasi di wilayah Barat dan Timur pelabuhan Probolinggo, sedangkan tepat pada Probolinggo terjadi erosi. ================================================================================================================== The port is an important facility as a liaison between regions separated by the sea. With a port, an area tends to develop both socially and economically. The Port of Probolinggo has changed from time to time, including the construction of the "New Port of Probolinggo" which is west of the old port. In general, each port has a study of sedimentation. Because a lot of sedimentation can make a port's service less than optimal. While at Probolinggo Harbor no one has discussed this matter. Then it is necessary to analyze the sediment transport in the Port of Probolinggo. Sediment transport analyzed is an analysis of sediment transport along the coastline of the Long Shore Current. To analyze this, it requires bathimetry analysis, wind data analysis, wave deformation analysis and finally sediment transport analysis. After analyzing sediment transport, the coastline changes that occur can be modeled. From the calculations carried out, obtained wave height in the deep sea of 0.905 m with a period of 5,521 seconds and waves propagating from the East in accordance with the results of the wind rose. While the breaking wave occurs at a depth of 1 m with a wave height = 0.947 m and has a wave velocity = 3,644 m / s. Sediment transport analysis reviewed 30 points with a distance between 200 m. From the results of the analysis of sediment transport, there is a condition that there is sedimentation in the west and east area of the port Probolinggo, while erosion occurs right in Probolinggo Port.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transpor Sedimen sejajar pantai, Pelabuhan, Model perubahan Garis Pantai, beach Sediment transport, harbour, coastline modelling
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC175.2 Sediment transport
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Galih Bariklana
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:36
Last Modified: 26 Aug 2020 04:36
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81236

Actions (login required)

View Item View Item