Model Penentuan Lokasi Dan Desain Konseptual Pelabuhan Umum: Studi Kasus Kabupaten Tuban

Prasetyo, Takhim Bayu (2020) Model Penentuan Lokasi Dan Desain Konseptual Pelabuhan Umum: Studi Kasus Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04411340000017-undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan kilang minyak di kabupaten Tuban mengakibatkan perubahan pada rencana tata ruang dan wilayah. Lokasi yang seharusnya digunakan sebagai pelabuhan umum dialih fungsikan sebagai lokasi pembangunan kilang minyak. Karena hal tersebut mengharuskan untuk mencari lokasi pengganti pelabuhan umum. Penelitian ini memilih tiga lokasi alternatif sebagai pembangunan pelabuhan umum yaitu di kecamatan Bancar, kecamatan Jenu dan kecamatan Palang. Setelah alternatif lokasi ditentukan selanjutnya setiap alternatif lokasi diuraikan dan diteliti keunggulan dan kelemahannya pada masing-masing kriteria. Metode yang digunakan dalam pemilihan lokasi pelabuhan adalah metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) yaitu dengan metode pembobotan dan penilaian dalam bentuk matriks. Berdasarkan analisis kebutuhan lahan minimum 146.031 m2 untuk fasilitas darat dan untuk fasilitas perairan 445.239 m2. Setelah dilakukan analisis menggunakan AHP didapatkan lokasi terpilih yaitu alternatif dua yang terletak di kecamatan Jenu dengan titik koordinat 6°〖46〗^' 45" LS" dan "111°55'25" BT. Untuk alat operasional di pelabuhan menggunakan truk cran sebagaia alat bongkar muat di dermaga dan menggunakan RTG crane untuk alat bongkar muat di lapangan penumpukan dan selanjutnya dibuatkan desain konseptualnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: cran,konseptual desain, lokasi, pelabuhan, cranes, conseptual design, location, port
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Takhim Bayu Prasetyo
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:49
Last Modified: 28 Aug 2020 05:49
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81328

Actions (login required)

View Item View Item