Desain Eksibisi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH

Handojo, Hasabi Tiyas (2020) Desain Eksibisi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08311340000090-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH adalah museum yang menampilkan eksibisi permanen tentang bagaimana masyarakat Indonesia mempertahankan kesehatannnya baik secara kedokteran maupun non-kedokteran (perdukunan). Museum ini tadinya merupakan tempat penelitian yang diresmikan menjadi museum untuk umum pada tahun 2004. Sehingga terjadi perluasan pada pengunjung yang datang, namun pesan yang ingin disampaikan oleh museum tidak tersampaikan dengan baik, sehingga hanya kesan seram yang diingat oleh pengunjung. Untuk itu dibutuhkan sebuah desain eksibisi yang mempertimbangkan latar belakang pengunjung, agar museum dapat mengkomunikasikan pesannya dengan baik. Dalam perancagan ini dilakukan observasi dan wawancara mendalam kepada pihak Museum Kesehatan dan praktisi dibidang desain eksibisi untuk mengetahui tentang kebutuhan eksibisi pada Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH. perancang juga menggunakan persona dan visitor journey map untuk mendapatkan insight dari pengunjung. Hasil dari perancangan ini adalah Environmental Graphic Design berupa Exhibition Design yang akan memberikan pengalaman kepada pengunjung dengan memberikan konten yang terintegrasi agar informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pengunjung yang datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksibisi Desain, Grafis Lingkungan, Pengalaman Museum, Museum, Persona, Visitor Journey Map, XGD, EGD
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hasabi Tiyas Handojo
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:32
Last Modified: 29 Aug 2020 04:32
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81420

Actions (login required)

View Item View Item