DESAIN STANDAR FAST FERRY UNTUK PERAIRAN DI DAERAH PAPUA BARAT

S, ERICZA DAMARANDA (2020) DESAIN STANDAR FAST FERRY UNTUK PERAIRAN DI DAERAH PAPUA BARAT. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111850030002_Ericza_Damaranda.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Desain adalah proses yang kompleks di mana kreativitas dan keterampilan analitis diperlukan untuk sukses. Saat ini, pengembangan metode desain telah bergerak ke arah praktik lapangan daripada teori. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menentukan desain fast ferry untuk mengangkut penumpang dari Sorong ke daerah pesisir lainnya di Papua Barat. Desain fast ferry ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam membangun kapal feri penumpang di daerah Papua Barat. Metode yang digunakan dalam desain kapal cepat ini adalah metode System Based Ship Design (SBSD) dan Risk Based Ship Design (RBSD). Untuk menerapkan kedua metode secara bersamaan, maka dibutuhkan penyesuaian agar sesuai dengan studi desain. Penekanan yang lebih besar telah diberikan pada analisis fungsional dalam pendekatan SBSD. SBSD menggunakan strategi untuk mengurangi jumlah loop untuk menemukan konsep terbaik dengan memberikan penekanan lebih besar pada analisis fungsi. RSBD menggunakan hazard identification untuk mendapatkan rekomendasi desain berdasarkan kondisi lokasi. Studi desain dimulai dengan pernyataan misi dan menetapkan persyaratan fungsi utama. Kedua persyaratan fungsi terkait generik dan keselamatan yang relevan ditetapkan sesuai dengan misi utama. Kemudian, konsep pada analisis fungsional akan dievaluasi terhadap kondisi kerangka kerja yang relevan. Kemudian dilanjutkan dengan mencari luas area dan volume yang diperlukan di tiap dek, ditentukan dengan menggunakan life-size experiment dan model-size experiment untuk menentukan dimensi utama awal. Desain akhir dievaluasi pada kinerja teknis dan kinerja keselamatan. Kemudian, perhitungan stabilitas dan hambatan akan digunakan untuk memverifikasi desain. Terakhir, harga pembangunan kapal dihitung dengan menggunakan Engineer’s Estimate. Hasil dari penelitian ini adalah desain fast ferry katamaran dengan kapasitas muat 100 penumpang dan memiliki kecepatan 40 knot. Ini memiliki dimensi utama panjang 40.387 m, lebar 11,02 meter, dan draft 1,5 meter. Ini didorong oleh propulsi jet air dan bahan aluminium yang diterapkan. Harga pembangunan fast ferry adalah sebesar Rp 90.877.673.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ericza Damaranda S
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:31
Last Modified: 02 Sep 2020 07:31
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81482

Actions (login required)

View Item View Item