PERANCANGAN PEGAS PADA ANKLE-FOOT DEVICE DARI KAKI PROSTESIS SKYWALKER

Aisyah, Nur (2020) PERANCANGAN PEGAS PADA ANKLE-FOOT DEVICE DARI KAKI PROSTESIS SKYWALKER. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111540000112_Undergraduate_thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil survei dinas sosial RI pada tahun 2008 menunjukkan bahwa 21,86% dari tunadaksa Indonesia mengalami kekurangan pada kemampuan penggunaan kaki. Tetapi masih banyak yang kurang mampu untuk membeli kaki prostesis karena biaya yang mahal sehingga tidak sepenuhnya ditanggung oleh asuransi BPJS. Pada tahun 2019 telah dibuat kaki prostesis pasif transfemoral yang dinamai SkyWalker dengan metode manufaktur 3d printing. Namun muncul keluhan dari pengguna mengenai kenyamanannya, yang disebabkan oleh desain pegas yang belum optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mendefinisikan posisi dan desain pegas terbaik pada kaki prostesis Sky Walker. Model solid 3d diambil dari desain awal Sky Walker. Ada 2 pegas pada Sky Walker yang keduanya bersifat kompresi. Terdapat 3 pasang variasi posisi pegas. Posisi pegas belakang adalah 75̊,90̊ dan 105̊ terhadap sumbu x. Posisi pegas depan adalah 75̊ terhadap sumbu x. Perhitungan awal di lakukan untuk memilih kekakuan pegas yang diperlukan. Selanjutnya dilakukan simulasi menyerupai ISO 22675 pada software Ansys Workbench, Rigid Dynamic untuk mengetahui kemampuan kaki menerima beban dan sudut rentang gerak kaki prostesis. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah ditemukannya posisi pegas yang memiliki rentang gerak sendi pergelangan kaki prostesis yang sesuai dan dapat menahan beban saat kaki berjalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gait Analysys, ISO 22675, Kaki Prostesis, Transfemoral, prostheses leg
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nur Aisyah
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:13
Last Modified: 28 Aug 2020 05:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81492

Actions (login required)

View Item View Item