Perancangan dan Pengaturan Pengereman Regeneratif Brushless DC Sebagai Modul Pembelajaran

Dani, Muhammad (2020) Perancangan dan Pengaturan Pengereman Regeneratif Brushless DC Sebagai Modul Pembelajaran. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311500010020-Non_degree.pdf]
Preview
Text
10311500010020-Non_degree.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motor listrik pada saat ini memiliki peran yang penting dalam dunia industri. Dalam hal ini, motor brushless DC merupakan penggerak yang sering di pakai dunia industri di bandingkan motor jenis lainnya. Kelebihan dari penggerak ini adalah lebih efisien dalam mengkonversi listrik menjadi tenaga mekanik, tidak adanya sikat yang
dapat mengurangi kerugian akibat gesekan, dan memliki kecepatan yang tinggi. Dalam hal ini, pengereman regeneratif dijadikan suatu solusi agar gesekan pada saat pengereman dapat di konversikan menjadi energi listrik, kemudian menyimpannya untuk digunakan di lain
waktu dan tidak terbuang begitu saja saat tidak digunakan.
Untuk membuat sebuah pengereman regeneratif diperlukan
sebuah controller untuk mengatur pengoperasian motor dan drive system yang berfungsi untuk mentransfer energi mekanik menjadi energi listrik. Oleh karena itu untuk mempermudah proses pembelajaran, diperlukan suatu driver yang praktis dan efisien. Sehingg muncul ide untuk membuat suatu driver pengereman regenerative motor brushless DC dengan Arduino.
Hasil tugas akhir berupa driver pengereman regeneratif pada modul motor brushless DC dapat digunakan sebagai modul praktikum untuk adik-adik kelas di Departemen Teknik Elektro Otomasi maupun jurusan lain, dan menunjukkan bahwasannya pengereman yang mendapatkan kecepatan awal 2500 RPM dapat turun menjadi 1670 RPM dan mendapatkan tegangan rata-rata 8V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sepeda Listrik, Pengereman Regenerative, dan Brushless DC. Electric Motors, Regenerative Braking, and Bruhsless DC.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Muhammad Dani
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:57
Last Modified: 12 Jul 2023 16:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81507

Actions (login required)

View Item View Item