Perancangan Seri Buku Cerita Anak Dengan Tema Pamali Jawa Sebagai Media Pendukung Pendidikan Karakter Anak Usia 6-8 Tahun

Kismandana, Abednego Paloma (2020) Perancangan Seri Buku Cerita Anak Dengan Tema Pamali Jawa Sebagai Media Pendukung Pendidikan Karakter Anak Usia 6-8 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08311440000099-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi membuat mudahnya akses budaya baru. Pengaruh budaya luar membuat pudarnya nilai-nilai kearifan lokal dan budaya yang mengakibatkan generasi muda rentan mengalami krisis identitas serta fenomena yang berkaitan dengan degradasi moral dan etika. Maka dari itu, pentingnya penanaman pendidikan karakter berbasis kebudayaan sejak usia dini diharapkan dapat memebentengi diri dari paparan era globalisasi. Pamali jawa atau gugon tuhon adalah salah satu ragam kebudayaan jawa yang diwariskan turun-temurun dari orang tua ke anaknya sejak usia dini, yang disampaikan secara lisan berupa nasehat yang kaya akan kandungan nilai adiluhung. Nilai budaya pamali jawa berpotensi menjadi solusi untuk menanggulangi urgensi yang terjadi pada karakter anak. Maka dari itu dirancanglah media buku cerita anak dapat digunakan untuk menyampaikan nilai kearifan lokal dari pamali jawa sebagai sarana pendukung penanaman pendidikan karakter secara informatif agar lebih jelas mudah dipahami dan menarik secara visual untuk anak usia 6-8 tahun pada ruang lingkup keluarga. Proses riset pada perancangan media ini menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara mendalam kepada budayawan jawa dan penulis buku anak untuk mendalami kajian tentang pamali jawa dan buku anak, wawancara dengan tokoh masyarakat desa untuk menggali konten cerita zaman dahulu yang akan diangkat, studi literatrur dan eksisting sebagai kajian konten pamali dan referensi konsep desain visual. Prototyping untuk mendapat respon, kritik, saran dari ahli dan target audiens untuk mengembangkan produk agar menjadi lebih tepat guna. Perancangan buku cerita anak ini menggunakan konsep hubungan timbal-balik antara sebab dan akibat dan reward and punishment untuk menunjukkan perbandingan hal yang baik dan tidak baik bagi anak-anak secara implisit. Konsep penokohan dan cerita mengadaptasi latar zaman dahulu dengan pertimbangan membawakan ragam budaya Indonesia. Luaran yang dihasilkan dari perancangan ini berupa buku cerita anak tentang edukasi pendidikan karakter dengan tema pamali jawa mengenai etika yang dapat menjadi pedoman bagi orang tua dan anak untuk membentuk karakter pribadi yang baik dan mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. ======================================================================================================= influence of external culture causes the values of local wisdom and culture to fade, which makes the young generation vulnerable to an identity crisis and phenomena related to moral and ethical degradation.. Therefore, the cultivation of culture-based character education from an early age is expected to be able to fortify oneself from exposure to the globalization era. Javanese Pamali or gugon tuhon is one of the various Javanese cultures passed down from generation to generation from parents to an early age kids, which is conveyed orally in the form of advice that is rich in valuable values. The Javanese pamali cultural value is a solution to overcome the urgency that occurs in children's character development. Therefore, a children's storybook media that is designed, so that it can be used to convey the value of local wisdom from Javanese pamali as a means of supporting the inculcation of educational character informatively with explanations in written form to make it easier to apply and visually attractive for children aged 6-8 years in the family scope. The research process in this media design uses qualitative methods such as in-depth interviews with Javanese cultural observers and children's book writers to deepen the study of Javanese pamali and children's books, interviews with village community leaders to get ancient story content to be used, literary studies and exclusive studies as studies of Pamali content and visual design concept references. In addition, there is a post-test prototype to get responses, criticism, suggestions from experts and target audiences as a reference for developing products to be more effective. This children's book story design uses the concept of a reciprocal relationship between cause -effect and reward-punishment which aims to show an implicit comparison of what is good and bad for children. The concept of characterization and story is an adaptation of the ancient background with the consideration of Indonesian cultural regulations. The output produced from this design is in the form of children's story books on character education with the Javanese pamali theme regarding ethics that can be useful for parents and children to form good personal characters and be able to implement them in everyday life.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Anak, Pendidikan Karakter, Pamali Jawa, Nilai Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abednego Paloma Kismandana
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:22
Last Modified: 31 Aug 2020 03:22
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81528

Actions (login required)

View Item View Item