Perancangan Komik Webtoon Adaptasi Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih untuk Usia 17-23 Tahun

Indi, Destia Sagita (2020) Perancangan Komik Webtoon Adaptasi Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih untuk Usia 17-23 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000042-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311540000042-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era modern ini cerita-cerita rakyat asli Indonesia mulai tergerus oleh ceritacerita dari luar negeri. Banyak cerita rakyat Indonesia yang dianggap sudah terlalu kuno untuk dinikmati di masa kini. Mengangkat cerita Bawang Merah dan Bawang Putih untuk dijadikan sebuah komik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan minat dan melestarikan cerita-cerita yang berasal dari Indonesia, serta menyadarkan bahwa cerita dari Indonesia juga tidak kalah menarik dengan cerita-cerita dari luar negeri.
Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini yaitu studi literatur mengenai perkembangan cerita rakyat di Indonesia. Selain itu menggunakan metode penyebaran kuesioner untuk mengetahui segmentasi dan minat pasar terhadap komik digital bertema adaptasi cerita rakyat. Lalu melakukan wawancara dan depth interview dengan pakar, salah satunya yaitu penulis naskah. Output dari perancangan ini yaitu sebuah komik digital yang mengadaptasi beberapa bagian dari cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih yang untuk nantinya diharapkan para pembaca dapat teringat dengan cerita Bawang Merah dan Bawang Putih walaupun tidak secara langsung.
=============================================================
In this modern era, indigenous Indonesian folklore began to be eroded by stories from abroad. Many Indonesian folktales are considered too old to be enjoyed in the present. Raising the story of Bawang Merah and Bawang Putih to be used as a comic is one way to increase interest and preserve stories originating from Indonesia, and to realize that stories from Indonesia are also interesting with stories from abroad.
The research method that used in this design is the study of literature regarding the development of folklore in Indonesia. In addition, using the method of distributing questionnaires to determine the segmentation and market interest in digital comics themed adaptation of folklore. Then conduct interviews and depth interviews with experts, one of which is the script writer. The output of this design is a digital comic which adapted several parts of the folklore of Bawang Merah and Bawang Putih, which in the future the readers were expected to remember the story of Bawang Merah and Bawang Putih, although not directly.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Digital Comics, Bawang Merah and Bawang Putih, Folklore Komik Digital, Bawang Merah dan Bawang Putih, Cerita Rakyat
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Indi Destia Sagita
Date Deposited: 28 Aug 2020 08:23
Last Modified: 09 Jan 2024 01:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81572

Actions (login required)

View Item View Item