Perancangan Buku Dokumentasi Visual Kreasi Kemasan Produk Oleh-oleh Khas Jawa Timur

Saniya, Vivi Zulfa (2020) Perancangan Buku Dokumentasi Visual Kreasi Kemasan Produk Oleh-oleh Khas Jawa Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR scan.pdf]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR scan.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemasan saat ini memberikan pengaruh yang besar dalam peningkatan daya saing produk-produk lokal terutama pada produk yang dikonsumsi langsung seperti olahan pangan. Peningkatan desain kemasan produk pada merek lokal akan semakin mendukung aktivitas promosi dalam pengembangan produk hasil olahan negeri seperti oleh-oleh khas daerah. Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan peningkatan kreatifitas kemasan yang baik. Ini ditunjukkan dengan adanya karya-karya kemasan oleh-oleh khas daerah oleh para desainer muda yang masuk dalam jajaran Asian Star Packaging Awards. Kemasan-kemasan yang telah mengalami peningkatan tersebut berpotensi dijadikan sebagai referensi kemasan produk oleh-oleh lainnya mengingat belum ada media yang secara spesifik mendokumentasikan ragam kreasi kemasan oleh-oleh daerah khususnya Provinsi Jawa Timur dan kemasan sebagai bahan materi dari segi desain belum banyak diadaptasi menjadi karya literatur.
Perancangan buku visual kreasi kemasan oleh-oleh Jawa Timur ini menggunakan metode depth-interview, analisis konten, dan studi literatur. Depth-interview dilakukan kepada penulis buku kemasan dan narasumber yang berkaitan langsung dengan desain kemasan oleh-oleh Jawa Timur seperti Kepala seksi desain UPTI Makanan, Minuman, dan Kemasan Jawa Timur, pelaku UMKM, dan desainer lokal untuk mengetahui beberapa pandangan terkait kemasan oleh-oleh khas di Jawa Timur. Metode analisis konten dilakukan pada sampel kemasan oleh-oleh yang diambil dari kota atau kabupaten di Jawa Timur dengan tujuan untuk dianalisa sesuai unit analisis yang ditentukan. Data yang didapatkan dikomparasikan dengan komparator untuk mendapatkan isi konten buku yang sesuai. Target utama perancangan buku ini adalah desainer kemasan, praktisi, maupun pelaku UMKM itu sendiri.
Luaran dari peracangan ini merupakan buku dokumentasi visual kumpulan kreasi kemasan oleh-oleh Jawa Timur yang informatif dan modern, serta sebagai media promosi untuk memperkenalkan oleh-oleh khas Jawa Timur yang ditujukan untuk dewasa muda usia 18-25 tahun, dengan isi konten mulai dari pembahasan tentang oleh-oleh khas, peran penting kemasan terhadap oleh-oleh, potensi desain kemasan oleh-oleh di Jawa Timur, dan pembahasan berbagai kreasi kemasan oleh-oleh khas Jawa timur yang didokumentasikan dengan teknik fotografi dan ilustrasi.
==================================================================================================================
Packaging gives a great effect in increasing local product’s competitiveness especially product that is consumed directly such as food. The enhancement of a product’s packaging design on a local brand will support promotion activity in enhancing domestic product like regional souvenirs. East Java becomes one of the provinces with good packaging creativity enhancement. It is shown by the souvenirs packaging creations made by young designers who are included in Asian Star Packaging Awards. The packaging that has been enhanced is potentially made as a reference by other souvenirs, considering there has not been any media that specifically documenting the variety of regional souvenirs packaging creation especially of East Java Province. Packaging as a resource material from a design’s perspective has not been much adapted into literary works.
Depth interviews were carried out to an author of a book about packaging, and resource persons who are directly related to the design of souvenir packaging in East Java such us the chief of package design in UPTI Makanan, Minuman, dan Kemasan Jawa Timur, UMKM, and local packaging designers to find out some views regarding souvenir packaging. The method of content analysis is carried out on samples of souvenir packages taken from cities or districts in East Java to be analyzed according to the specified unit analysis. Then, the obtained data was compared with comparison to get corresponding content. The main targets of this book are packaging designer, practitioner, and people who run UMKM.
The result of this design is an informative and modern visual documentation book of East Java souvenirs packaging creation. It is also used as a media to introduce souvenirs from East Java which is aimed at young adults of 18-25 year old. The content of the book includes the explanation of typical souvenirs, the importance of souvenirs packaging, packaging design potential of souvenirs in East Java, and the explanation of the variety souvenirs packaging creation of East Java which are documented by photography technique and illustration.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: East Java, Packaging, Souvenirs, Visual Book, Jawa Timur, Kemasan, Oleh-oleh Khas, Buku Visual
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > TR Photography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z116.A3 Book design.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: VIVI ZULFA SANIYA
Date Deposited: 28 Aug 2020 08:17
Last Modified: 24 Dec 2023 15:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81578

Actions (login required)

View Item View Item