Analisis Risiko Implementasi Blueprint Model Bisnis Product Service System (PSS) pada Industri Fesyen

Rizqi Wahyu, Mustika Putri (2020) Analisis Risiko Implementasi Blueprint Model Bisnis Product Service System (PSS) pada Industri Fesyen. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000079-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000079-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perubahan perilaku konsumen fesyen menjadi lebih sensitif dan menuntut terhadap perubahan mode membawa strategi bisnis baru pada industri fesyen dengan banyak desain pada periode yang singkat atau dikenal dengan istilah fast fashion. Fast fashion telah membawa dampak buruk bagi lingkungan dan mengubah preferensi konsumen dan produsen pakaian jadi. Oleh karena itu dikembangkan model bisnis Product Service System (PSS) pada industri fesyen dengan tujuan mengkombinasikan penjualan produk dan jasa untuk memenuhi keinginan konsumen. Pada proses implementasi model bisnis baru yang memasukkan layanan pada penjualan produknya sangat berisiko dengan tingkat kegagalan 90%. Dibutuhkan identifikasi aktivitas penting untuk menjamin kesuksesan implementasi model bisnis inovatif yang berkelanjutan, salah satunya adalah analisis risiko dan tindakan mitigasi dari stakeholder yang terlibat dengan menggunakan metode Multistakehoder House of Risk.
Proses analisis risiko dimulai dengan identifikasi kondisi operasional saat ini dan dilanjutkan dengan identifikasi risiko yang mungkin terjadi. Hasil dari proses analisis risiko didapatkan 22 kejadian risiko dan 23 penyebab risiko Hasil identifikasi risiko kemudian dihitung dengan menggunakan Multistakeholder House of Risk fase 1. Berdasarkan nilai Combined Aggregate Risk Potential (CARP), didapatkan 15 penyebab risiko priotitas dari 24 penyebab risiko yang harus ditangani. Kemudian dilanjutkan dengan identifikasi tindakan pencegahan untuk penyebab risiko prioritas dengan menggunakan Multistakeholder House of Risk fase 2. Berdasarkan nilai Effectiveness to Difficulty Ratio (ETD) didapatkan 10 tindakan pencegahan prioritas dari 16 tindakan pencegahan yang telah diidentifikasi beberapa di antaranya adalah memberikan hasil desain serta formulir untuk setiap detail pada desain yang telah dibuat, menggunakan berbagai metode riset pasar, dan melakukan riset secara langsung dengan online survey di sosial media dan marketplace.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, Multistakeholder House of Risk, Product Service System. Multistakeholder House of Risk, Product Service System, Risk Analysis.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.5 New business enterprises. Business incubators.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizqi Wahyu Mustika Putri
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:40
Last Modified: 04 Nov 2023 14:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81596

Actions (login required)

View Item View Item