PERAMALAN INFLOW DAN OUTFLOW UANG KARTAL DI JAWA BARAT MENGGUNAKAN METODE ARIMAX DAN GSTARX

Basuki, Rahajeng Galih Ayu Putri (2016) PERAMALAN INFLOW DAN OUTFLOW UANG KARTAL DI JAWA BARAT MENGGUNAKAN METODE ARIMAX DAN GSTARX. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211640000109_Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
06211640000109_Undergraduated_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laju pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat mengalami kenaikan setiap tahunnya, aliran inflow dan outflow terus mengalami fluktuasi seiring dengan adanya peredaran uang yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meramalkan jumlah peredaran uang kartal yang keluar dan masuk di Kantor Bank Sentral wilayah Jawa Barat. Terdapat tiga metode utama yang dikaji, yaitu Time Series Regression, ARIMAX dan GSTARX. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data inflow dan outflow di KBS wilayah Jawa Barat yang terdiri dari KBS Bandung, KBS Cirebon dan KBS Tasikmalaya. Periode data yang digunakan berkisar pada Januari 2010 hingga Juni 2019. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa sebagian besar data yang diramalkan dengan model GSTARX memberikan hasil ramalan yang lebih akurat dibandingkan dengan model TSR dan ARIMAX. Berdasarkan perbandingan ukuran kebaikan model, model GSTARX dengan bobot invers jarak merupakan model terbaik dari 14 pecahan inflow dan 9 pecahan outflow, sedangkan model GSTARX dengan bobot biner merupakan model terbaik hanya untuk beberapa pecahan yakni 1 pecahan inflow dan 5 pecahan outflow serta model GSTARX dengan bobot uniform merupakan model terbaik untuk 1 pecahan outflow. Pemodelan dengan pendekatan multivariat dan pembobotan lokasi lebih unggul dibandingkan dengan pemodelan individu yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSt 519.535 Bas p-1 • Basuki, Rahajeng Galih Ayu Putri
Uncontrolled Keywords: Bank Sentral, Regresi Time Series, ARIMAX, GSTARX, Inflow, Outflow, Uang Kartal, Central Bank, Time Series Regression, ARIMAX, GSTARX, Inflow and Outflow, Banknotes.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rahajeng Galih Ayu Putri Basuki
Date Deposited: 29 Aug 2020 08:21
Last Modified: 02 Jun 2023 14:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81614

Actions (login required)

View Item View Item