ANALISIS ENERGI SISTEM REGENERATIVE BRAKING PADA TOYOTA PRIUS HEV 2017

Utama, Made Pradnyana (2020) ANALISIS ENERGI SISTEM REGENERATIVE BRAKING PADA TOYOTA PRIUS HEV 2017. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111540000024_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif saat ini terus meningkat, terlebih lagi dengan pengembangan kendaraan hibrid atau elektrik. Kendaraan elektrik atau hibrid adalah HEV atau Hybrid Electric Vehicle dengan memanfaatkan dua komponen penggerak yaitu motor pembakaran dalam dan motor listrik yang dapat dikonfigurasikan secara seri, paralel dan juga seri/paralel. Konsumsi bahan bakar dari kendaraan hibrid tergolong hemat dan ramah lingkungan dengan rata – rata 2,5 – 2,8 liter per 100 km. Sistem regenerative braking dapat diaplikasikan guna meningkatkan efisiensi dari kendaraan hibrid. Energi yang dimanfaatkan sistem regenerative braking merupakan energi dari pengeraman yang terbuang ketika kendaraan melakukan perlambatan. Energi tersebut berasal dari penurunan kecepatan putar mesin dan energi kinetik kendaraan pada saat kendaraan melakukan pengereman. Pada penelitian ini, objek yang digunakan adalah Toyota Prius HEV 2017 dengan memanfaatkan data uji jalan yang telah dilakukan. Kendaraan dipasang data logger untuk mencatat performa kendaraan saat melakukan uji jalan terutama energi regenerative braking yang tercatat oleh data logger. Pengujian yang dilakukan dengan mengoperasikan kendaraan di dalam dan luar Kota Surabaya. Selain itu dilakukan juga pendekatan dengan persamaan untuk mengetahui secara teoritis energi regenerative braking yang dapat dihasilkan. Data perfoma serta driving cycle yang didapatkan kemudian dianalisis untuk mengetahui konsumsi energi pengereman kendaraan meliputi energi pengereman yang terbuang dan dibutuhkan, energi bangkitan yang dapat dihasilkan dari sistem regenerative braking, efisiensi sistem regenerative braking dan juga kontribusi dari sistem regenerative braking terhadap kebutuhan road load horsepower kendaraan. Dari penelitian ini diketahui bahwa besar energi pengereman yang terbuang mencapai 4140.64 kJ dan yang dibutuhkan sebesar 4968.84 kJ. Dari uji jalan yang telah dilakukan didapatkan energi bangkitan sistem regenerative braking mencapai sebesar 536.74 kJ untuk urban driving cycle dan 1809.70 kJ untuk extra urban driving cycle. Efisiensi potensi energi yang dimanfaatkan mencapai sebesar 36.67%. Kontribusi yang dihasilkan oleh energi bangkitan dari sistem regenerative braking terhadap kebutuhan road load horsepower mencapai sebesar 57.28% untuk urban driving cycle dan sebesar 52.81% untuk extra urban driving cycle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hybrid electric vehicle, sistem regenerative braking, energi pengereman, energi bangkitan, road load horsepower, regenerative braking system, braking energy, generated energy
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Made Pradnyana Utama
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:14
Last Modified: 31 Aug 2020 07:14
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81674

Actions (login required)

View Item View Item