OPTIMASI DESAIN PROPELLER MELALUI PENDEKATAN POLYNOMIAL UNTUK MENGOPTIMALKAN EFISIENSI ENERGI KAPAL

SURATNO, SURATNO (2020) OPTIMASI DESAIN PROPELLER MELALUI PENDEKATAN POLYNOMIAL UNTUK MENGOPTIMALKAN EFISIENSI ENERGI KAPAL. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211850010010-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211850010010-Master_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia industri perkapalan permasalahan yang sering menjadi
kendala adalah pengoptimalan energi efisiensi kapal. Beberapa aspek dari
pengoptimalan energi efisiensi kapal itu salah satunya perencanaan sistem
propulsi yang berkaitan dengan desain propeller. Hal utama yang menjadi
pertimbangan dalam perencanaan desain propeller adalah Efisiensi propeller yang
merupakan ukuran performance propeller terhadap produktivitasnya dalam
menghasilkan daya dorong. Perencanaan desain propeller merupakan salah satu
aspek yang harus direncanakan dengan matang dari tujuan fungsi kapal dalam
mencapai kecepatan yang optimum. Dengan pemilihan type propeller yang
kompatible terhadap daya mesin induk maka transmisi tenaga akan lebih
maksimum dalam usaha menggerakkan kapal yang tentunya akan menghemat
konsumsi bahan bakar daripada mesin induk.
Pemilihan type propeller yang optimal akan mendapatkan daya dorong
yang lebih efisien dari daya mesin utama kapal yang digunakan. Pemilihan type
propeller ini tentu mengacu pada mesin utama dan gear box yang sudah terinstall
dalam upaya mendapatkan energi kapal yang efisien dan semaksimal mungkin
dari daya mesin utama yang sudah beroperasi. Penelitian pemilihan type propeller
di lakukan pada kapal penumpang perintis KM. Sabuk Nusantara 99, 1200 GT
milik Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Indonesia.
Setelah dilakukan analisa dengan pendekatan polynomial pada propeller
yang beroperasi (terpasang) type B4.550, diameter 1.450 m ,didapatkan hasil
untuk type propeller ini terjadi kavitasi. Type propeller yang optimal dari analisa
pendekatan polynomial adalah B3.611 , diameter 1.493 m, dengan efisiensi
propeller 0.482 tidak terjadi kavitasi. Mengacu dari hasil analisa tersebut
penggunaan type propeller yang optimal diharapkan dapat menekan pemakaian
konsumsi bahan bakar kapal yang pada akhirnya menguntungkan dari segi
ekonomisnya.
=================================================================================================
In the shipping industry, the problem that often becomes an obstacle is the
optimization of energy efficiency ships's. Some aspects of optimizing the energy
efficiency of the ship are one of them is the propulsion system planning that is
related to the propeller design. The main thing that is considered in propeller
design planning is the efficiency of the propeller which is a measure of propeller
performance on its productivity in generating thrust. Propeller design planning is
one aspect that must be planned carefully from the purpose of the ship's function
in achieving optimum speed. With the choice of propeller type that is compatible
with the main engine power, the power transmission will be more maximum in the
effort to move the ship which will certainly save fuel consumption the main
engine's.
The selection of the optimal propeller type will get more efficient thrust
from the main engine power of the ship being used. The choice of propeller type
certainly refers to the main engine and gear box that have been installed in an
effort to obtain efficient and maximum ship energy from the main engine power
that is already operating. Research on the selection of the optimal propeller type
was carried out on the pioneer passenger ship KM. Sabuk Nusantara 99, 1200 GT
owned by the Director General of Sea Transportation of the Indonesian Ministry
of Transportation.
After analyzing whith the polynomial approach on the propeller that
operates (installed) type B4,550, 1,450 m diameter, the results of analysis for this
type of propeller occur cavitation. The optimal type of propeller from the analysis
of the polynomial approach is B3,611, diameter 1,493 m , with a propeller
efficiency of 0.482, cavitation does not occur. Referring to the results of the
analysis, the use of an optimal type of propeller is expected to reduce the
consumption of ship fuel consumption, which in turn is economically beneficial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Suratno Suratno
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:36
Last Modified: 10 Jan 2024 00:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81685

Actions (login required)

View Item View Item