Perancangan Komik Digital “Jaka Berek, Sawunggaling” sebagai Media Pengenalan Tokoh Pahlawan

Niandahayu, Emira (2020) Perancangan Komik Digital “Jaka Berek, Sawunggaling” sebagai Media Pengenalan Tokoh Pahlawan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311340000115-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311340000115-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jaka Berek adalah salah satu sosok pahlawan nasional yang terkenal di daerah Jawa Timur dengan jasanya sebagai Adipati yang pemberani. Kurangnya media kreatif yang membahas tentang Jaka Berek atau Sawunggaling ini membuat masyarakat tidak mengetahui sejarah keseluruhan terkait dengan kisah hidup beliau. Padahal sudah selayaknya masyarakat lebih mengenal tokoh pahlawan nasional di negeri mereka, utamanya bagi anak muda yang merupakan agen perubahan bagi negara kita. Meningkatnya minat masyarakat terhadap komik digital dapat menciptakan peluang baru untuk penyampaian kisah pahlawan nasional dengan metode storytelling berbentuk ilustrasi dalam sebuah media platform digital. Sehingga dapat mengeksplorasi cara penyampaian bercerita yang jarang diketahui masyarakat yaitu melalui ilustrasi modern.
Metode penelitian yang digunakan antara lain adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dimana metode pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali informasi terkait dengan tokoh pahlawan Sawunggaling sebagai subyek perancangan utama. yang dilakukan adalah riset kepada pelaku yang meneliti langsung sosok Sawunggaling dan analisa artefak sebagai sumber referensi. Hasil penelitian ini kemudian diformulasikan dalam konsep penceritaan baru dari biografi Jaka Berek dalam genre aksi/drama.
Penggunaan media komik digital merupakan salah satu bentuk usaha dari pengenalan kembali tokoh pahlawan nasional. Media komik digital dapat mencakup penggambaran yang jelas terkait dengan fakta dan kejadian dalam sejarah yaitu melalui visual dalam komik digital. Dengan begitu, akses masyarakat untuk memahami sejarah tokoh pahlawan nasional jadi semakin mudah. Peluang untung pengembangan bisnis komik digital juga dapat dilakukan dengan cara memberikan konten berkonsep freemium atau gratis-berbayar.
Kata kunci : Sawunggaling, Jaka Berek, komik digital, anak muda, pengenalan tokoh

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sawunggaling, Jaka Berek, komik digital, anak muda, pengenalan tokoh. Sawunggaling, Jaka Berek, digital comic, young generation, figure introduction
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Emira Niandahayu
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:09
Last Modified: 10 Jan 2024 16:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81693

Actions (login required)

View Item View Item