Perancangan Buku Edukasi Pengetahuan Dasar Komik Untuk Komikus Pemula

Bramantyo, Enif Bayu Dwi (2020) Perancangan Buku Edukasi Pengetahuan Dasar Komik Untuk Komikus Pemula. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08311340000135-undergraduate_thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (58MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia pernah mengalami masa emas dalam industri komik dan mengalami kemunduran setelah tahun 1980 mulai menjadi hilangnya awareness masyarakat tentang komik lokal menjadi permasalah yang serius untuk industri komik lokal. pasar komik lokal sangat potensial, Pada tahun 1980 perkiraan pembaca komik lokal sejumlah 25 juta orang (Industri penerbutan komik lokal berpeluang bangkit, 2015)dan kini pembaca komik di Indonesia menempati peringkat 2 di sebuah platform komik digital WEBTOONS serta peringkat ke 2 pembaca komik jepang terbesar di dunia (Susilo, 2013). Tahun 2010 Industri komik lokal sedang mengalami peningkatan dari jumlah, namun untuk bisa bersaing dengan pasar yang lebih luas dibutuhkan lebih banyak komik dari komikus baru. Permasalahanya adalah mempelajari komik sangat sulit karena media yang mampu memenuhi kebutuhan pemula dalam mempelajari tentang bagaimana membuat komik sulit didapat. Komikus pemula di indonesia memiliki kecenderungan belajar secara otodidak lewat komik yang disukainya. Komikus pemula sulit mendapatkan literasi tentang membuat komik yang tepat untuk pemahaman ditingkatnya, terdapat beberapa literasi dari luar yang membahas semua tentang komik, namun buku seperti ini sangat sulit untuk diakses serta pembahasanya terlalu kompleks untuk pemula. Keadaan ini menyebabkan komikus pemula mendapatkan kesulitan besar hanya pada memahami bagaimana komik bekerja, maka dari itu dibutuhkan media edukasi yang cukup padat membahas komik namun menggunakan penyampaian yang lebih mudah terhadap orang yang baru memulai membuat komik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komik, edukasi, komikus pemula, komik Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Enif Bayu Dwi Bramantyo
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:25
Last Modified: 03 Sep 2020 02:25
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81732

Actions (login required)

View Item View Item