Desain Display Set Stan Bazar Brand Fesyen Wanita Untuk Pebisnis Pemula

Koesumawardini, Poerwdyaningrum (2016) Desain Display Set Stan Bazar Brand Fesyen Wanita Untuk Pebisnis Pemula. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3411100041-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3411100041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dunia fesyen di Indonesia sedang sangat berkembang dan membawa angin segar bagi
perekonomian Indonesia. Dari data yang dilansir BPS (Badan Pusat Statistika) fesyen
menempati urutan kedua dari lima belas subsektor paling berpengaruh dalam sektor
Industri Kreatif. Berbagai strategi dilakukan untuk mendukung fesyen di Indonesia
semakin berkembang salah satunya dengan diadakannya kegiatan exhibisi/pameran.
Fenomena lainnya adalah Industri fesyen di Indonesia didominasi oleh kaum perempuan
yang selalu ingin semakin berkembang dan mandiri. Dapat dilihat dari banyaknya brand
yang menjual produk untuk perempuan daripada untuk kaum laki-laki.
Pameran fesyen bersifat sementara dan mempergunakan area publik seperti pusat
perbelanjaan dan convention hall . Waktu yang disediakan untuk loading barang dan
mempersiapkan bazar adalah pada saat pusat perbelanjaan sudah tutup pukul 10 malam
hingga pukul 8 pagi. Keperluan yang dibutuhkan dan dibawa juga sangatlah banyak
meliputi alat display, meja kasir, stock produk, tempat penyimpanan packaging dan
kamar pas. Pebisnis fashion pemula menggunakan mobil pribadi berupa mobil jenis mini
bus untuk membawa segala keperluan untuk bazar. Cara membawa barang yang sulit
disusun dari loading dock ke stan juga membuat waktu dan tenaga menjadi tidak efisien
karena harus 3 sampai 4 kali kembali untuk mengangkut semua barang. Bisnis bidang
fashion yang mayoritas digeluti oleh kaum perempuan membuat timbul kebutuhan atas
perlengkapan bazar yang mudah dioperasionalkan dan tidak menggunakan tools seperti
obeng, screw driver dan sebagainya. Selain itu desain display stan haruslah menarik
pengunjung untuk memenuhi fungsi dari kegiatan bazar itu sendiri.
Metode perancangan yang dilakukan untuk mendesain display set stan bazar ini
menggunakan observasi dengan beberapa metode seperti depth interview, kuisioner,
shadowing, simulation excercise, behavioral mapping dan persona yang kemudian akan
menghasilkan kata kunci desain yang akan diolah menjadi beberapa alternatif desain
hingga terpilih menjadi final desain.
Hasil perancangan display set stan bazar untuk brand fashion perempuan berupa hand
trolley yang dapat dijadikan ruang pas, meja kasir beserta storage untuk menyimpan stock
produk, gawangan pakaian dengan 3 sistem berbeda yang peng installasi annya dapat
dioperasionalkan oleh user perempuan tanpa hand tools.
==================================================================================================================
Fashion world in Indonesia is developing and bring some fresh air for economy in
Indonesia. BPS stated that fashion ranked number 2 from 15 at most influences
subsectors in Creative Industry’s sector. Several strategies attemptes for supporting
Indonesia’s fashion which is with holding an exhibition. The other phenomenon is
Indonesia’s fashion industry was dominated by females.
Fashion exhibition is temporary and using public venue like shopping center and
convention hall. The given time for loading goods and bazaar set up is quite short, from
when shopping center closed at 10 pm until 9 am before the event opened. The needs that
needed and carried is quite much, from display tools, cashier table, product stock, until
packaging storage and fitting room. A biginner fashion entreprenuer usually using their
own vehicle for carrying all of the needs for setting up bazaar. The way of carrying goods
that make hard to arrange from loading dock to the bazar stand also wasted time and
energy, because it cost 3 until 4 laps to lift all the stuffs to the right place. Most of the
fashion business was dominated by females, which come the needs from bazaar
equipments are easy to operate and don’t have to use tools. Moreover, the display stand
design must be able to attract the visitor for fulfilling the function of bazaar activity itself.
The design method which did for designing bazaar display stand set was observe with
several methods like in-depth interview, questionnairy, shadowing, simulation exercise,
behavioral mapping and persona, which resulting a design keywords which will be
treated to turn to be a design alternatives until the final design is choosen.
The research of bazaar stand display set for female fashion brands’ result is a hand
trolley which could be turned into a fitting room, cashier table with storage for stocks,
and clothing rack with three different system that the installation allowed female user to
install without using any tools.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 659.152 Koe d
Uncontrolled Keywords: display set, fashion, perempuan, efisien, pemula
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:15
Last Modified: 03 Sep 2020 04:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81742

Actions (login required)

View Item View Item