Analisis Implementasi Fasilitas Indoor Port Untuk Mengantisipasi Pengaruh Cuaca Di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Diana, Santi (2016) Analisis Implementasi Fasilitas Indoor Port Untuk Mengantisipasi Pengaruh Cuaca Di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9114207303-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aktivitas bongkar muat cargo di pelabuhan secara garis besar dipengaruhi oleh faktor infrastruktur, kelengkapan suprastruktur dan faktor cuaca. Kelangsungan bongkar muat harus berlangsung efektif agar tidak terjadi penumpukan dikolam pelabuhan guna menciptakan produktivitas pelabuhan yang optimal. Kondisi fisiografis wilayah Indonesia dan sekitarnya, hujan merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi secara tepat, tetapi dapat diantisipasi dalam hal kepentingan bongkar muat. Diperlukan inovasi suprastruktur agar pembongkaran tetap dapat dilakukan baik dalam keadaan hujan. Salah satu pilihan adalah implementasi indoor port di pelabuhan agar aktivitas bongkar muat di pelabuhan tidak terpengaruh cuaca. Implementasi dikaji untuk Terminal Jamrud pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Data-data primer dan sekunder diolah dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) menggunakan expert choice untuk memperoleh tipe pelabuhan yang lebih baik yang diharapkan menjadi solusi atas kebutuhan tersebut dengan alternatif pelabuhan tertutup (indoor port) atau terbuka (outdoor port). Selanjutnya dilakukan analisa investasi dengan menggunakan metode Cost and Benefit Analysis (CBA). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa indoor port adalah pelabuhan yang banyak dipilih oleh para konsumen adalah tipe indoor port dengan nilai 0.728, sedangkan outdoor port memperoleh nilai sebesar 0.272. Investasi yang dibutuhkan dalam pembangunan indoor port di Terminal Jamrud pelabuhan Tanjung Perak Surabaya adalah sebesar Rp.130.000.000.000, dan NPV sebesar 1,131,103,359,192.14, dan BEP pada tahun 2021 atau pada tahun ke-5.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.788 5 Dia a
Uncontrolled Keywords: Bongkar muat, Pelabuhan , Produktivitas, Hujan, Indoor port
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:03
Last Modified: 07 Sep 2020 04:03
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81793

Actions (login required)

View Item View Item